4 Alasan Kenapa Wanita Harus Bekerja

Di jaman seperti sekarang ini banyak wanita yang berpikir bahwa seorang wanita harus produktif. Baik bekerja pada orang lain ataupun bekerja di rumah. Namun, tak jarang juga ada wanita yang berpikir bahwa seorang istri patutnya di dalam rumah dan hanya mengurusi perihal rumah tangga saja. Tak ada yang yang salah dari pemikiran keduanya. Akan tetapi di sini akan dibahas lebih lanjut mengenai 4 alasan kenapa wanita harus bekerja.


1. Membantu ekonomi keluarga

Semakin hari biaya hidup makin meningkat. Mulai dari biaya sandang, pangan, papan dan biaya pendidikan. Tak dapat dipungkiri bagi sebagian besar rumah tangga, hanya mengandalkan gaji dari suami saja tak cukup. Belum lagi ketika penyakit 'akhir bulan' melanda. Padahal, harus membayar SPP anak, iuran RT, arisan dan segala macam. Alhasil, tak sedikit ibu rumah tangga yang rela berhutang kepada kerabat atau menggadaikan perhiasan miliknya. Dua hal itu memang bisa menjadi solusi sementara, tapi tidak mungkin kan melakukannya setiap bulan?


2. Bisa membeli barang yang diinginkan, perawatan diri atau jalan-jalan tanpa harus mengurangi uang belanja dari suami

Tak ada wanita yang tak menyukai belanja, merawat diri atau jalan-jalan, kan? Namun, untuk melakukan semua itu tentu saja butuh materi yang tak sedikit. Sementara, uang dari suami hanya pas untuk keperluan rumah tangga yang kalau dikurangi untuk menyenangkan diri sendiri dari hiruk pikukknya masalah rumah tanga, maka uang tersebut tak akan cukup sampai bulan berikutnya. Di titik inilah terkadang seorang wanita menjadi dilema. 



3. Memiliki tabungan untuk masa depan

Sebagai manusia biasa kita tak akan pernah tahu apa yang sedang menunggu di depan sana. Namun, tak ada salahnya jika mempersiapkan dari awal. Memiliki tabungan, misalnya. 

Memiliki uang simpanan tak hanya berguna ketika keadaan darurat seperti ; Ada keluarga yang sakit, ada bagian rumah atau kendaraan yang mesti dibenahi. Akan tetapi memiliki tabungan akan sangat berguna jika terjadi sesuatu hal yang tidak diinginkan. Misal ; suami kena PHK. Tanpa memiliki tabungan yang cukup, bisa dipastikan ekonomi rumah tangga akan kalang kabut karena selama ini hanya mengandalkan pemasukan dari suami.


4. Memperluas pertemanan

Bersosiaisasi itu sangat dibutuhkan oleh manusia. Berkomunikasi dengan teman kerja mampu menghilangkan penat ketika bosan dengan rutinitas rumah. Selain itu juga bisa menambah wawasan, memperluas jaringan serta menambah pengetahuan umum. 

Ketika berkumpul dengan kawan, yang dibahas tak hanya soal pekerjaan. Namun juga kehidupan sosial masa kini hingga bisnis-bisnis yang dijalankan oleh para ibu rumah tangga. Sangat bermanfaat, ya .... Selain memberi pertemanan, ketika bekerja tak mustahil akan memberi peluang untuk terjun dan merintis usaha karena pengaruh orang-orang sekitar.

Sekali lagi, ketika seorang ibu rumah tangga memutuskan untuk bekerja (baik di rumah atau pada orang lain) tetap memiliki risiko plus minus. Alangkah baiknya apapun keputusan kita dibicarakan dulu dengan suami.




0 Comments