Bisnis Impian 2019

Pict: Canva
Impian mewujudkan mimpi membuka usaha di tahun 2019

Pada tahun 2012 aku pernah berbisnis di bidang beverage. Karena perencanaan yang tidak matang, pun minim akan pengalaman, akhirnya gerai yang kusewa di salah satu mall di Semarang tutup padahal belum ada satu tahun.

Kecewa, merasa diri sendiri bodoh dan tak memiliki bakat berbisnis, serta kerugian yang cukup banyak bagi seorang pemula sepertiku membuatku putus asa dan enggan untuk memasuki dunia bisnis untuk kedua kali.

Waktu berjalan dan semakin mendewasakan. Muncul kalimat-kalimat pertanyaan di kepala. "Kok capek ya kerja ikut orang. Umur makin bertambah, apakah selamanya harus seperti ini? Kenapa tidak memulai berbisnis saja? Kali ini mulailah perencanaan dengan matang serta belajar dari kegagalan terdahulu!" Benar juga apa yang pikiranku bilang. Kenapa tak berbisnis saja? Mungki bisa memulai rencana bisnis bersama Ralali?




Rencana apa yang akan dilakukan saat memulai bisnis?

Hal pertama yang dibutuhkan untuk memulai bisnis pastinya adalah modal. Karena tanpa modal maka sebuah bisnis apapun tak akan bisa dimulai. Lalu, bagaimana jika modal minim padahal kebutuhan untuk memulai bisnis membutuhkan uang yang tak sedikit. Dan menabung dari gaji bulanan adalah solusi terbaikku saat ini.

Kemudian yang kedua adalah penyedia stok barang yang akan dijual. Beberapa waktu lalu ketika membuka sebuah website marketplace yang jujur, aku baru tahu setelah salah seorang teman merekomendasikannya. Ralali, namanya. Ralali.com ialah pusat grosir online yang memiliki harga kompetitif dan yang pasti jika membeli secara grosir maka harganya akan jauh lebih murah. Selain itu, ketika berbelanja secara online, tak perlu lagi repot-repot belanja yang bawa tentengan sangat banyak karena Ralali.com sendiri memiliki banyak vendor yang akan memudahkan pelanggan memilih barang karena banyak pilihan.

Dan yang ketiga adalah tempat. Belajar dari pengalaman terdahulu, di bisnis yang akan kubangun nanti, aku tidak ingin menyewa tempat. Memanfaatkan rumah di lantai satu bukanlah hal yang buruk. Tak perlu membayar sewa yang mahalnya luar biasa, belum lagi biaya listrik, air dan kebersihan. Aku percaya, meskipun membuka usaha di rumah, untuk penjualannya bisa dimaksimalkam karena sekarang untuk pemasaran bisa dilakukan melalui sosial media.

Mudahnya membangun usaha di era digital

Di era modern seperti sekarang ini menjalankan bisnis semakin mudah. Selain menjual melalui marketplace penjualan juga bisa diiklankan melalui media sosial.

Ya! Media sosial saat ini memiliki pangsa pasar yang besar untuk para pengusaha baik pemula ataupun profesional. Tak hanya jasa, baju, aksesoris, bahkan kuliner pun bisa laris manis jika dipasarkan melalui media sosial.

Bersama Ralali sebagai distributor online, aku percaya usaha yang akan kujalani ini mampu berjalan dengan baik. Selain menyediakan bahan pokok seperti minyak goreng, tepung, susu, Ralali juga memenuhi kebutuhan akan peralatan di rumah makan sederhana milikku. Seperti, hot plate, deep fryer, dan juga beberapa aksesoris yang akan menghiasi tempat usahaku.


Bersama Ralali.com tak ada keraguan lagi!!!

Mungkin ada yang bertanya-tanya. Kenapa sih harus Ralali.com? Emang bagus? Bisa dipercaya? Ralali kan buatan orang lokal sendiri ... dan biasanya buatan lokal itu ... anu ... emmmm ... diragukan. 

Eitss!! Jangan salah. Meskipun foundernya Ralali.com adalah orang Indonesia, bukan berarti boleh dipandang sebelah mata! Ralali dari bahasa Jawa yang artinya tidak lupa atau tidak terlupakan ini adalah produk lokal rasa internasional!

Hal ini bukan hanya hisapan jempol belaka. Karena, baik Ralali.com ataupun foundernya yaitu bapak Aditya Minarto telah mendulang banyak sekali penghargaan.  Sebagai contoh ; bapak Aditya Minarto adalah the winner of Indonesia Rice Bowl Startup Awards as Founder of the year 2019. Gimana? Keren kan! Selain itu, Ralali.com adalah the winner of Best Business  Automation Tool 2018. Huwaa ... kece badai ya! Tentu saja masih banyal prestasi-prestasi yang diraih yang kalau dituliskan semua, jempolku bisa kriting (xixixi). Gimana? Masih ragu? Kalau aku, bersama Ralali.com tak ada keraguan lagi untuk mewujudkan impianku memiliki rumah makan sekaligus tempat nongkrong yang dilengkapi dengan perpustakaan mini.


Gak hanya berhenti di situ saja. Banyak sekali keuntungan yang didapat jika belanja di Ralali.com. Mendapat potongan harga, belum lagi promo-promo menarik yang ditawarkan. Seperti potongan harga atau ketika membagikan sebuah kode ke teman maka secara otomatis kita akan dapat potongan harga dengan jumlah yang sudah ditentukan.

Dan ada satu lagi nih yang paling kusuka dari Ralali.com. Mudah banget buat bayar beberapa macam tagihan. Seperti listrik, PDAM, BPJS, beli pulsa maupun paket data. Hua ... aplikasi ini cocok banget banget yang gak punya banyak waktu untuk keluar rumah baik berbelanja kebutuhan sehari-hari maupun bisnis.



Terus, untuk pembayarannya gimana dong? Ribet gak?

Sebagai B2B Online Marketplace terbesar di Indonesia, demi memudahkan pelanggan untuk bertransakasi, maka pembayaran bisa dilakukan melalui e-banking atau melalui ATM. 

Yang pasti, untuk berbelanja aman dan nyaman di Ralali.com, pastikan mengakses URL yang benar (jika dilakukan melalui browser). Namun, untuk lebih aman dan memudahkan kita untuk berbelanja, silakan unduh di Google Play.

Jangan pernah percaya pada promo-promo atau diskon bahkan jika dimintai untuk mentransfer sejumlah uang atas nama Ralali di luar situs resmi Ralali.com.


Tunggu apalagi? Yuk belanja di Ralali.com saja. Mudah, aman, harga grosir, banyak diskon dan voucher serta memiliki banyak vendor sehingga banyak pilihan. Ralali memang cocok untuk pebisnis. Karena Ralali teman di hati yang selalu dinanti. (*)

Comments

Popular Posts