Tips Memilih Skincare dan Kosmetik Bagi Pemula.

Halo, Cantik ... ketemu lagi dengan blog Dunia Wanita yang akan membahas hal-hal  seputar wanita. Jangan bosan-bosan ya untuk mampir ... kalau ada saran aku harus bahas soal apa, bisa komen di bawah ya. 

🌼🌼🌼🌼🌼🌼🌼🌼🌼🌼🌼

Pada kesempatan kali ini bahasannya adalah tips memilih skincare dan makeup untuk pemula. Tentu saja sudah banyak artikel yang menuliskan tentang hal ini. Namun, tak ada salahnya jika membahasnya lagi di sini. 

Sebelum membahas soal kosmetik, mari kita fokus dulu ke skincare. Mungkin masih ada yang belum tahu atau bingung apasih skincare itu dan apa saja yang termasuk produk skincare?


Skincare adalah istilah yang diperuntukan untuk produk-produk yang mampu menjaga kesehatan kulit wajah. Nah, skincare sendiri dibedakan menjadi dua jenis. Skincare daily routine dan weekly routine.

Berikut adalah jenis produk yang termasuk ke dalam daily routine : Sabun pencuci muka, susu pembersih dan penyegar, lotion, serum, face oil, krim siang-malam, eye serum, pelembab bibir. 

Berbeda dengan daily routine yang memang dibutuhkan setiap hari baik siang ataupun malam, jenis produk weekly routine tak begitu banyak karena hanya dibutuhkan 2-3 kali per minggu. Beberaa diantaranya : Masker (baik yang dibeli dari toko atau membuatnya sendiri), scrub wajah, scrub bibir. 

Tips memilih skincare yang tepat dan aman :

1. Pilihlah yang sesuai dengan jenis kulit. Normal, kering, berminyak, atau kombinasi (bisa cek di kemasan atau tanyakan kepada penjaga toko). 

2. Pilihlah produk yang telah memiliki ijin edar resmi dari BPOM ( Aplikasi BPOM bisa didownload di google store). Pastikan kemasannya tidak rusak. Memiliki tanggal kadaluarsa. Dan belilah di toko-toko yag memang terpercaya karena saat ini banyak sekali produsen nakal yang memalsukan skincare merk luar maupun lokal.

3. Yang ketiga adalah belilah skincare sesuai kebutuhan. Maksudnya, sesuaikan dengan problem kulit. Jika kulit masih dalam keadaan normal, maka akan lebih mudah mencari skincare. Namun jika kulit berjerawat, banyak bekas jerawat, banyak kerutan serta noda hitam maka wajib memilih jenis skincare yang memang khusus untuk mengatasi problem tersebut.




Kosmetik. Pengertian kosmetik yang sebenarnya adalah produk perawatan atau kecantikan yang digunakan pada wajah, tubuh, rambut, bibir, serta kuku. Namun, dewasa kini kosmetik memiliki pergeseran arti di masyarakat pada umumnya. Yaitu jenis produk yang memang diperuntukkan untuk menambah rona pada wajah. Produk-produk yang termasuk kosmetik adalah alas bedak, bedak tabur maupun padat, blush on, produk untuk riasan mata seperti eyeshadow, mascara, serta produk yang diperuntukkan untuk bibir seperti lipstick, serta masih banyak jenisnya di pasaran karena dunia kosmetik memang sedang mengalami perkembangan yang pesat.

Cara memilih kosmetik yang baik adalah sama seperti skincare. Belilah sesuai dengan jenis kulit, sesuaikan dengan kebutuhan dan pastikan barang yang dibeli adalah asli. (*)

🌼🌼🌼🌼🌼🌼🌼🌼🌼🌼🌼🌼

Sekian dulu artikel ringannya, terima kasih telah membaca. Jangan lupa share ke teman-teman kamu yang masih awam soal kosmetik dan skincare. Sampai ketemu di artikel cantik berikutnya ... tetap sehat, cantik dan bahagia.

0 Comments