Tips Menulis Hanya Pakai Hp

Hai, Cantik... apa kabar hari ini? Semoga selalu happy, healthy and beauty. Kali ini aku bakalan share tips yang sampai detik ini aku jalani dalam dunia literasi. Yaitu ... menulis hanya dengan menggunakan Hp. 

Sejak terjun ke dalam dunia literasi tahun 2015 lalu, aku hanya menggunakan Hp ketika menulis. Bukan masalah praktisnya, tapi aku memang tidak memiliki personal computer.

Meskipun begitu, minat menulis dan membaca tak pernah surut. Justru sebaliknya! Merasa ilmunya masih dangkal dan masih perlu banyak belajar. Tanpa perlu lama-lama, ini dia tips ala aku biar kalian bisa menulis meskipun hanya memiliki smartphone!


  1. Pastikan kita sudah menginstal Microsof Word atau aplikasi menulis lainnya. Kalau yang kupakai ini adalah Polaris Office. 
  2. Sebagai pendukung, wajib bagi penulis pemula memiliki Kamus Besar Bahasa Indonesia atau KBBI yang kini disebut juga EBI. KBBI sangat berguna untuk membantu kita mengetahui mana kata baku dan mana yang bukan. Selain itu, membaca KBBI juga akan membuat perbendaharaan kata kita makin kaya.
  3. Yang ketiga adalah memiliki editor untuk membuat sampul buku atau flyer. Untuk kita yang ingin menulis di platform-platform menulis seperti Wattpad atau Sweek, aplikasi ini sangat berguna. Ada Wattpad Cover, Pinterest, Canva dan masih banyak lagi. Kalau yang kupakai sendiri adalah Canva. Menurutku aplikasi ini adalah the best of the best setelah beberapa kali mencoba aplikasi yang sama.
  4. Email! Ini juga komponen paling penting bagi seorang penulis terutama pemula. Gunanya selain untuk login ke beberapa akun platform dan yang pastinya juga untuk berkirim naskah atau ke penerbit atau media. 
  5. Dan yang terakhir adalah hal yang paling penting akan tetapi sering dilupakan yaitu membaca! Jaman sekarang tak ada lagi alasan tidak membaca buku lantaran buku mahal. Karena membaca secara online pun bisa dilakukan kapan saja dan di mana saja. Nah, ini aplikasi recomended dari aku. Ipusnas. Perpustakaan online nasional yang menyediakan banyak sekali buku-buiu bagus.
Gimana, Cantik? Semoga tak ada alasan lagi tidak menulis karena tak punya laptop ya. Cukup dengan smartphone segalanya akan lebih mudah dan praktis. Cukup download aplikasi-aplikasi di atas melalui play store, dan jadilah penulis. (*)

Terima kasih sudah membaca, kalau ada yang punya pengalaman yang sama denganku yuk sharing di bawah ....

Comments

  1. Waaah.. Seru kayaknya mbak.. Tapi saya belum sanggup kalo menulis (buku). Hahaha.. Alir saya bercerita rasanya masih sering lompat-lompat 😭😭😭 . Sementara, belajar nulis artikel dulu aja. Yang satu tema trus bisa selesai. besok ganti baru lagi. Hihihi..

    ReplyDelete
    Replies
    1. 🤣sama ... Aku jg masih perlu banyak belajar. Belum pernah jebol mayor, mudah2an tahun ini ada yg tembus 🤣🤣

      Delete

Post a Comment

Popular Posts