6 Hal Yang Dibutuhkan Blogger Pemula.


Hai, Cantik ... apa kabarnya hari ini? Semoga selalu sehat, bahagia dan cantik. Kali ini aku bakalan menulis tips bagi sesama blogger pemula. Aku tahu banget sudah sangat banyak artikel-artikel yang mengulasnya. Tapi, gak ada salahnya aku menuliskannya versi aku.

1. Membuat tema blog yang menarik dan pastinya mobile friendly.

Setelah teman-teman membuat akun blog di blogspot dan bosen dengan tampilannya yang standar, kalian bisa mengganti tema yang sesuai dengan selera di sini.



  • Setelah masuk ke sidebar pengguna, klik tema maka akan muncul gambar seperti di atas. Kemudian pilihlah Soho atau Terkemuka yang menurutku benar-benar mobile friendly dan loadingnya pun cepat. Setelah itu barulah klik menu sesuaikan dan akan muncul gambar seperti ini.


  • Di menu desain tema blogger ini teman-teman bisa mengatur sesuai keinginan latar belakang tema, gadget, warna font, warna latar dan lain-lain. Setelah semua selesai dan sesuai keinginan, jangan lupa simpan pengaturan ya ....

2. Memiliki photo editor.

Di era milenial seperti sekarang ini, kalau foto-foto yang nantinya diposting di sosial media tanpa diedit rasanya kurang greget gitu ya ... entah cuma dipotong pinggirannya, dibikin kolase atau diatur warna dan kecerahannya, tetap saja membutuhkan photo editor. Dan yang pastinya, wajib banget photo editor yang gak ribet dan simpel. Aku sendiri selalu pakai aplikasi Canva dan PS.



3. Yang ketiga adalah google analytics.

Si google analytics ini berguna banget untuk melihat trafic blog.



4. Menentukan niche blog atau topik.

Awal-awal ngeblog, aku awam banget soal dasar-dasar blogging. Jadi ya asal nulis sesuai keinginan saja. Lama kelamaan kalau lihat blog sendiri setelah blogwalking kok berantakanšŸ¤£dari situlah aku mulai belajar untuk mencari niche blog. Ya ... meskipun sampai sekarang belum pakemšŸ¤£

5. Aplikasi e-mail dan pastikan aktif.

Mungkin ini terdengar sepele ya ... namun menurut pengalaman pribadi, banyak sekali kesempatan baik terlewat hanya karena email tidak aktif alias jarang dibuka. Itu sebabnya sekarang aku rajin banget ngecek email baik di kotak masuk maupun spam.

6. Properti untuk photography.

Ketika memutuskan untuk menjadi blogger, kurang lengkap rasanya jika tidak memiliki properti untuk foto-foto yang nantinya dipajang di blog. Selain untuk mempercantik blog, foto-foto yang dihasilkan pun lebih menarik dan bikin orang betah berlama-lama di blog kita.




Sekian dulu tips dari aku ... kalau teman-teman punya tips yang beda denganku, boleh dishare di komentar. Semoga bermanfaat ... terima kasih .... (*)

0 Comments