Untuk Pemula : Tekhnik Makeup Dulu Atau Merk?


http://maitratara.blogspot.com

Hai,Cantiks ... apa kabar hari ini? Semoga sehat selalu ya di manapun kalian berada.

Mau cerita dikit, nih. Aku tuh lumayan sering dapat pertanyaan "Mbak, untuk matanya pakai produk merk apa? Lipsticknya pakai apa?" dan beberapa pertanyaan yang sejenis. Sebenarnya aku gak masalah dengan pertanyaan-pertanyaan semacam itu. Mengingat dulu aku juga pernah ada di posisi si penanya.

Namun, aku memiliki ekpektasi lain soal pertanyaan tentang makeup. "Cara pakainya gimana, sih?" Nah, ini nih satu pertanyaan yang kutunggu-tunggu tapi tak kunjung datang.

Well, kenapa pertanyaan "Gimana sih cara pakainya?" lebih penting daripada merk, ya karena merk semahal apapun kalau gak tau cara pakainya, gak tahu teknik yang benar untuk mengaplikasikannya, mau beli makeup high end sekalipun manfaatnya gak akan maksimal dan tidak seperti yang diharapkan.

http://maitratara.blogspot.com


Sebelum lanjut ke bahasan berikutnya, alangkah baiknya sebagai pemula mengetahui hal dasar dulu. Yaitu, tips memilih skincare dan kosmetik bagi pemula. Hal yang paling mendasar sudah tahu, sekarang saatnya membahas trick hemat dalam membeli peralatan makeup :


  • Bagi pemula aku tidak merekomendasikan memakai foundation. Alasannya sederhana, foundation harganya cukup mahal dan selain itu cukup sulit diaplikasikan memakai jari kecuali yang memang sudah terbiasa memakai makeup. Belilah BB, CC, atau DD cream. Selain harganya cukup terjangkau bagi orang awam dan pelajar sekalipun, mengaplikasikannya juga tidak begitu sulit meskipun hanya menggunakan jari tangan dan mudah menyatu pada kulit sehingga penggunaan beauty blender tidak dibutuhkan.
  • Belilah eyeshadow yang memiliki warna coklat. Bagi pemula tidak perlu membeli eyeshadow palette yang memiliki banyak warna. 2-4 warna pun sudah cukup dan jangan lupa wajib ada warna coklat! Well, kenapa aku bilang bahwa eyeshadow warna coklat wajib dimiliki? Jawabannya simpel. Eyeshadow bisa untuk mata, alis, dan juga shading!
  • Yang ketiga adalah lipstick. Pastikan memiliki lipstick warna merah atau pink. Selain berfungsi sebagai pewarna bibir, lipstick juga bisa digunakan sebagai pengganti eyeshadow dan blush on
  • Selanjutnya adalah mascara dan eyeliner. Untuk eyeliner bisa diskip ya ... soalnya banyak sekali curhatan teman-teman yang tidak bisa memakai eyeliner. Tak da eyeliner, bukan berarti tidk bisa tampil fresh! Pakailah mascara. Selain bisa membuat bulumata terlihat lebih lentik, juga membuat tampilan mata terlihat lebih segar dan lebar. Pastikan beli yang waterproof ya agar tahan lama.
  • Dan yang terakhir adalah bedak tabur. Kenapa bedak tabur? Karena bedak tabur itu ringan dan mampu menyerap keringat serta tidak bikin makeup cakey. Apalagi pemula rata-rata tak menyukai dan kurang percaya diri memakai makeup yang berlebihan.
Jaadiiiii ... alat makeup yang dibutuhkan pemula versi aku ada 5 item, ya. Bb, Cc, atau Dd cream, eyeshadow, lipstick, mascara, dan bedak tabur. 

Teknik memakai makeup simple bagi pemula:

Tips and trick untuk pemula sudah, sekarang tekhnik memakainya. Setiap makeup artist memiliki tekhnik pengaplikasian yang berbeda-beda, ya ... akan tetapi karena MUA itu sudah profesional, apapun teknik dan merk yang dipakai, pasti bagus! Beda dengan pemula yang seringnya nyalahin merk ketika hasil makeupnya tidak seperti hasil riasan MUA. 

For me, teknik itu segala-galanya. Teknik makeup yang benar tidak hanya menghasilkan riasan yang bagus akan tetapi bisa membuat orang lain tertarik dan ingin belajar atau menggunakan jasa kita. 

Teknik sendiri bisa didapat melalui dua cara. Yang pertama adalah kursus makeup dan yang kedua adalah ortodidak.

Belajar secara ortodidak bukanlah hal tidak mungkin jika memang passion seseorang sudah melekat di dalam dirinya. Hanya dengan melihat youtube atau orang lain yang sedang merias, otak akan merespon dan mengingatnya sedara detail. Well, sayangnya hanya ada beberapa orang saja yang seperti itu. Buktinya, ketika kita melihat tutorial makeup di youtube yang kelihatannya mudah, pas dipraktekkan kok sulit! Apalagi kalau menyangkut alis. Di video gak ada 5 menit udah jadi, kita yang nyoba hampir sejam bikin alis gak jadi-jadu. Iya, kan?! Atas hal-hal inilah aku menyarankan bagi yang ingin bisa makeup ala-ala MUA untuk mengambil kursus singkat untuk mempelajari teknik pengaplikasian yang benar dan tepat.


So, bagi para pemula banget nget nget ... menurutku yang paling penting adalah belajar tekhnik itu jauh lebih penting dibanding merk dengan brand-brand high end. Silakan pergi ke toko makeup terdekat, belilah produk lokal dan pastikan membeli yang sesuai dengan jenis kulit dan budget masing-masing.


Nah, ini ada sedikit tutorial dari aku menggunakan jenis produk yang kusampaikan di atas. Maaf banyak kekurangan dalam videonya ya ... baru pertama kali bikin dan masih amburadul serta lighting apa adanya🤭hope you like it. See you on my next article ... keep healthy, happy and beauty. Caoooo ....

Comments

Popular Posts