10 Manfaat Okra yang Tidak Banyak Orang Ketahui

Okra/ladys finger

10 Manfaat Okra yang Tidak Banyak Orang Ketahui-Pertama kali aku mengenal okra atau lady's finger itu sekitar tahun 2014 saat pertama kali bekerja di Singapura.

Tanaman yang satu ini memang tidak begitu dikenal di masyarakat Indonesia. Itu sebabnya hanya sebagian kecil saja yang merasakan sayuran berbentuk seperti jari-jari seorang gadis yang lentik.

Saat mencobanya, terus terang aku tidak begitu suka dengan rasanya. Emmmm ... gimana ya jelasinnya?

Tekstur sayurannya itu berbulu karena okra sendiri termasuk tanaman genus Hisbiscus yang masih saudaraan dengan Malvaceae atau kapas-kapasan.

Kalau untuk rasanya sendiri hampir mirip dengan terong hijau yang kecil, menurutku. Saat dimasak, si okra ini akan menghasilkan lendir. Jadi, bagi yang tidak terbiasa memakannya, akan kaget saat pertama kali mencoba.

Di Singapura okra tak asing lagi. Berbagai menu masakan terbuat dari okra. Misalnya, ikan asam, atau ditumis dengan bumbu asam pedas. Aku sendiri sering menjadikan lady's finger sebagai salad.

10 Manfaat Okra yang Tidak Banyak Orang Ketahui.

Selain sedap sebagai masakan, ternyata lady's finger memili banyak manfaat karena mengandung banyak serat. Antara lain;

1. Okra sebagai sumber Kalsium dan Magnesium yang mampu membantu mengatur irama jantung, tekanan darah, dan kadar kolestrol.

2. Menjaga kesehatan jantung.

3. Menurunkan kolestrol.

4. Menjaga kesehatan mata.

5. Sebagai sumber protein.

6. Membantu menstabilkan gula darah.

7. Membantu pencernaan.

8. Tinggi akan anti oksidan.

9. Makanan yang bagus untuk program diet karena lendir yang terdapat pada okra mampu mengenyangkan tanpa mengiritasi saluran cerna.

10. Vitamin C dan A yang terkandung dalam lady's finger mampu membantu perawatan kulit dari dalam.

Kenapa Kamu Harus Membaca Buku Ini?

Judul     : Budi Daya Okra.
Penulis  : Erminawati.
Penerbit : Mitra Sarana Edukasi.
Tahun terbit : 2018
Cetak      : 2019
ISBN       : 978-602-559-756-5
               978-602-551-109-5 (PDF).

Menurutku, buku ini tak hanya memperkenalkan tanaman okra pada pembaca. Tetapi juga mampu memberi pengetahuan tentang apa saja manfaat lady's finger dengan cukup detail.

Selain itu juga penulis memberikan rincian bagaimana cara membubidayakan serta cara memanen okra.

Diharapkan setelah membaca buku Budi Daya Okra, pembaca tak hanya tahu apa itu okra. Namun, juga mulai membudidayakannya dan menjadikan sebagai peluang usaha. Karena, tanaman ini cukup menjanjikan mengingat belum banyak petani Indonesia yang menanamnya.

Hal ini bisa dilihat dari jarangnya sayuran tersebut di pasar tradisional maupun modern. Padahal, si lady's finger sangat kaya akan manfaat dan memiliki daya jual yang cukup tinggi.

Teman Cantiks sudah pernah mencoba okra? Gimana rasanya menurut kalian? Share di bawah, ya .... (*)

0 Comments