Ciri-ciri Kanker Payudara Tahap Awal

Ciri-ciri kanker payudara
Masih membahas soal kanker payudara dari buku 100 Tanya-Jawab Mengenai Kanker Payudara karya Zora K. Brown dan Karl K. Boatman, MD.

Kalau ditulisan sebelumnya menyinggung Apa Penyebab Kanker Payudara, sekarang yang akan ditulis adalah apa saja ciri-ciri kanker payudara dan bagaimana cara memeriksanya secara mandiri.

Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut: 


1. Berdirilah di depan cermin. Posisikan tubuh dan pundak tegak dan tangan disamping pinggul.

  • Cermati, apakah payudara, warna, serta ukurannya sama seperti biasa. 
  • Amati dengan baik apakah payudara memiliki ukuran yang sama tanpa mengalami pembengkakakan.
  • Jika ada perubahan pada payudara seperti; payudara mengerut, terdapat benjolan pada kulit, puting masuk ke dalam, puting berubah posisi, nyeri, kemerahan, sebaiknya langsung periksakan diri ke dokter.
2. Langkah kedua adalah angkat tangan dan cermati hal yang sama seperti pada langkah nomor satu.

3. Berikutnya adalah saat di depan cermin, pencet puting. Kemudian amati. Apakah keluar cairan seperti susu, kuning, atau darah.

4. Berbaringlah. Raba perlahan-lahan payudara dengan gerakan melingkar, termasuk daerah ketiak. Jika merasakan gumpalan, maka catat di bagian mana itu terjadi dan seperti apa rasanya (Lembut, keras, dan apakah bergerak-gerak ketika diraba menggunakan ujung jemari). Sebagai catatan, jika gumpalan yang dirasakan mengalami perubahan yang signifikan dari waktu ke waktu, periksakan diri ke dokter.


5. Selanjutnya adalah posisikan tubuh pada posisi duduk atau berdiri dan lakukan pemeriksaan sama seperti nomor empat.

Kanker payudara masih menjadi momok bagi wanita di seluruh dunia. Itu sebabnya, memeriksa diri sendiri di awal sangat dianjurkan. Memang, tidak ada wanita manapun yang ingin terjangkit sebuah penyakit. Tapi, bukankah sedia payung sebelum hujan itu lebih baik? (*)


Post a comment

0 Comments