Cara Menjadi Penulis di Goodnovel

 

Cara menjadi penulis di Goodnovel
visme.co


     "Bagaimana cara menjadi penulis di platform Goodnovel?"


      Pertanyaan di atas kerap aku lihat di media sosial maupun melalui chat pribadi. Nah, gak usah lama-lama, deh, ya. Aku langsung aja bagikan tips bagaimana cara menjadi penulis di Goodnovel.

     Pertama-tama, bagi yang belum tahu apa, sih, Goodnovel itu? Goodnovel adalah sebuah platform menulis yang memberikan benefit kepada penulisnya. Nah, based-nya Goodnovel ini adalah di Singapura dan kebetulan, di pertengahan tahun 2020, Goodnovel mulai melebarkan sayapnya ke Indonesia. 

      Cara menjadi penulis di Goodnovel sangat mudah sekali. Teman cantik tinggal menghubungi nomor editor resmi Goodnovel, maka setelah itu editor akan memberikan link khusus untuk menulis. Apakah menulis di Goodnovel harus melalui editor? Jawabannya adalah ya. Klik di sini untuk menghubungi editor: Editor Goodnovel.

      Well, setelah mengetahui cara untuk menjadi penulis Goodnovel, rasanya kurang lengkap kalau kita tidak tahu apa benefit-nya. Keuntungan yang pertama ketika kita menulis di Goodnovel adalah royalti untuk bab berbayar sebesar 50%. Apakah hanya itu saja keuntungannya? yup! Bener banget. Karena, untuk saat ini novel berbahasa Indonesia hanya bisa kontrak non-eksklusif. 

       Apa itu kontrak non-ekslusif? Kontrak non-ekslusif adalah kontrak di mana novel kita boleh terbit di tempat lain yang sama-sama menerapkan kontrak non-ekslusif, self publishing atau, buku-buku kita yang sudah diterbitkan di Google Play secara mandiri.

      
      Lalu, apa saja syarat agar novel kita dikontrak? Sangat simple! Begitu kita sudah menulis sebanyak 15.000 kata, kita langsung klik tombol ajukan kontrak. Untuk berapa lama kontrak ini di ACC, bervariasi, ya. Berdasarkan pengalaman beberapa teman, ada yang satu minggu, ada yang lebih dari dua minggu. Di samping itu, untuk penguncian bab pun sangat mudah sekali. Setelah novel kita signed contract, kita tinggal bilang ke editor masing-masing ingin dikunci babnya mulai dari bab berapa.

     Kalau untuk gajiannya sendiri, di Goodnovel menggunakan mata uang seperti di sebelah, ya. Yaitu USD. Minimal pencairan uang adalah $100.  Jika dalam satu bulan itu belum memenuhi batas minimum, maka akan diakumulasikan ke bulan berikutnya.

     Ada informasi tambahan, nih bagi teman cantik yang bahasanya Inggris-nya tokcer! Bisa banget mengajukan kontrak eksklusif dengan Goodnovel. Yang membedakan dengan kontrak non-ekslusif adalah jika novel kita eksklusif, kita bisa mendapatkan bonus dari update menulis yang dinilai dari jumlah kata. Berikut jumlah bonus/bulan yang bisa diperoleh novel eksklusif:

Cara menjadi penulis Goodnovel


     Itu tadi keuntungan menulis di Goodnovel. Sekarang, kita bahas minusnya dari platform unyu-unyu di atas. Minusnya adalah aplikasi belum didukung bahasa Indonesia. Jadi, bagi para mamak yang tidak bisa bahasa Inggris, akan kebingungan jika membuka aplikasi Goodnovel.




     Kekurangannya yang kedua adalah karena Goodnovel belum ekspansi penuh ke Indonesia, maka, novel-novel yang direkomendasikan di beranda adalah novel berbahasa Inggris. Belum ada daftar novel-novel berbahasa Indonesia. So, mari kita doakan agar Goodnovel mau menjadikan Indonesia sebagai tempat untuk berpijak agar penulis-penulis Indonesia bisa mengajukan kontrak eksklusif dan terus berkarya di sana. 

      Segitu dulu aja kali, ya. Semoga bermanfaat, terima kasih telah mampir, dan have a nice day! (*)


Post a comment

2 Comments

Emoji
(y)
:)
:(
hihi
:-)
:D
=D
:-d
;(
;-(
@-)
:P
:o
:>)
(o)
:p
(p)
:-s
(m)
8-)
:-t
:-b
b-(
:-#
=p~
x-)
(k)