Sifat Yang Harus Dimiliki Seorang Penulis!

Sifat seorang penulis
Canva Premium


-Sifat Yang Harus Dimiliki Seorang Penulis!- Ngomong-ngomong tentang sifat seorang penulis, memang tidak ada patokan, ya. Gak ada keharusan dan kewajiban harus seperti A atau B, misalnya. Tetapi, berdasarkan pengalaman pribadi dan beberapa teman, ada garis lurus yang bisa ditarik untuk mendapatkan kesimpulan. Yaitu: Jadilah penulis yang kepo!

Kepo itu gak selamanya buruk/negatif. Dalam beberapa hal/untuk beberapa jenis pekerjaan, kepo itu sangat dibutuhkan. Dan salah satunya adalah penulis! Semakin kepo seorang penulis, kemungkinan besar karirnya di dunia tulis menulis pun akan semakin gemilang.

Penulis yang kepo adalah penulis yang cerdik!

Penulis yang kepo, biasanya tidak akan terjun ke lapangan tanpa perencanaan. Tanpa ilmu dasar.

Misalkan, penulis ingin menerbitkan bukunya di penerbit A. Maka, dia tidak langsung begitu saja mengirimkan naskah. Namun, yang dicari pertama kali adalah buku apa yang diterbitkan di penerbit tersebut? Genre apa? Syarat pengajuannya apa saja, dan menunggu pemberitahuan berapa lama.


Bahkan, penulis akan mencari tahu buku apa saja yang laris dari penerbit tersebut, kemudian akan membeli dan membaca sebagai bahan pertimbangan sebelum mengajukan naskah. Jadi, kemungkinan untuk terjerumus ke dalam penerbit yang salah atau salah kirim genre ke penerbit itu tidak ada karena penulis telah berpikir cerdik sebelum bertindak. Gak lucu, kan, karena kita gak kepo, cari informasi, mengirimkan naskah komik ke penerbit buku-buku islami yang sama sekali tidak menerbitkan komik?

So, sudah kepo apa hari ini? (*)

1 Comments