Cara Agar Blog Kita Banyak Pengunjung

Cara agar blog banyam pengunjung
Visme

-Bagaimana Cara Agar Blog Kita Banyak Pengunjung- Sebagai sesama blogger pemula, tentu tahu bagaimana susahnya mendapatkan pembaca bagi blog kita terutama pengunjung organik.

Tryal and error sering dialami blogger pemula apalagi bagi seseorang yang belajar ngeblog secara autodidak sepertiku.

Baca-baca artikel soal ngeblog, iya. Baca-baca buku tentang blogging sudah pasti. Nonton video youtube narablog yang telah lebih dulu eksis di dunia per blog-an juga dijalani tapi masih belum bisa maksimal dalam penerapan. Meskipun begitu, dari semua yang aku pelajari, aku bisa menarik beberapa garis kesimpulan sebagai berikut:

1. Tema blog yang menarik dan mobile friendly. Apakah tema blog kita sudah menarik? Tulisan sudah rapi, atau diselipi gambar-gambar yang sesuai dengan konten yang ditulis?

Manusia itu memiliki otak yang cenderung menyukai gambar visual, itu sebabnya, jangan abaikan penerapan gambar di dalam konten. Terutama jika audience kita adalah kaum hawa.

Pastikan tema blog kita adalah mobile friendly. Kenapa? Karena pengguna gadget jaman sekarang yang paling banyak adalah pengguna telepon pintar/smart phone yang tidak hanya bisa untuk menulis, tetapi juga kerja, dan berjualan. Membuat tema blog kita mobile friendly, berarti membuat pembaca blog kita nyaman karena tidak semua orang punya laptop/pc, tapi hampir semua orang memiliki HP.

2. Blog walking/saling mengunjungi blog dengan kawan sesama blogger. Terus terang, hal ini sangat efektif tapi juga ada kekurangannya. Saat kita benar-benar sibuk dan tak memiliki banyak waktu untuk melakukan blog walking, maka jumlah pengunjung pun akan mengalami penurunan.

3. Buatlah artikel-artikel yang SEO friendly dan gunakan keyword yang paling banyak dicari di blog kita. Menurutku ini adalah cara yang paling efektif dan paling susah untuk diterapkan. Karena apa? Karena mau tidak mau kita harus berusaha lebih keras dari sebelumnya untuk menarik pengunjung organik.

Apa itu pengunjung organik? Pengunjung organik adalah pengunjung yang kita dapat dari Google atau Bing. Bukan dari media sosial saat kita men-share artikel yang telah kita buat.

Semakin bagus artikel kita (SEO friendly) maka akan semakin banyak pengunjung organik yang datang berkunjung ke blog kita, dan bukan hal mustahil mereka akan kembali lagi karena artikel-artikel yang kita tulis mampu memberi informasi dan mampu memenuhi kebutuhan pembaca. (*)

Post a comment

0 Comments