4 Kesalahan yang Sering Dilakukan Dalam Mengatur Keuangan.

 

-4 Kesalahan yang Sering Dilakukan Dalam Mengatur Keuangan- Hai, Teman Cantik. Apa kabar kalian? Semoga di mana pun berada, kalian senantiasa sehat, bahagia, dan tak kekurangan satu apa pun. 

Setelah lama aku gak update blog, kali ini aku bakalan membagikan 4 kesalahan yang dilakukan dalam mengatur keuangan berdasarkan pengalaman pribadi aku selama bertahun-tahun yang baru aku sadari dua tahun belakangan ini.


1. Tidak Mencatat Penghasilan. 

Kelihatannya ini hal sepele, ya. Padahal, mencatat dari mana penghasilan kita sangatlah penting dan berguna untuk track record. Misalnya, selain dari gaji pokok, kita mendapatkan pemasukan dari mana saja. Apakah pekerjaan sampingan sebagai freelancer, penulis, atau yang lainnya. Kesalahan ini bertahun-tahun aku lakukan dan ketika mulai menyadari betapa pentingnya mencatat penghasilan secara rinci, sekarang aku bingung sendiri berapa banyak yang aku hasilkan dari pekerjaan sampingan dan dari mana saja?


2. Tidak Mencatat Pengeluaran.

Konsepnya sama seperti yang pertama. Hanya saja pada point kedua ini adalah kita tidak pernah mencatat uang yang dihasilkan itu dikeluarkan untuk apa saja?

Kesalahan ini hampir dilakukan oleh semua orang, ya. Yang menggunakan uangnya tanpa pernah mencatat berapa yang belanjakan. Alhasil, begitu sampai pertengahan bulan, kita bingung sendiri. Lho, kok uangnya sudah habis, ya? Uangnya buat apa saja? Perasaan kemarin masih banyak. 


3. Tidak Memiliki Dana Darurat.

Banyak dari kita sering melakukan kesalahan dalam mengatur keuangan yang satu ini. Ketika dalam keadaan genting, kita kerap kehabisan uang. Alhasil, kita mengambil uang yang seharusnya menjadi tabungan atau justru karena gak punya tabungan, kita justru berutang agar bisa membiayai keadaan-keadaan darurat yang sering datang tanpa permisi. 


4. Tidak Memprioritaskan Tabungan. 

Kesalahan yang sering dilakukan dalam mengatur keuangan yang terakhir adalah tidak memprioritaskan tabungan. Maksudnya adalah kita kerap beranggapan bahwa menabung itu kalau ada sisa gaji. Padahal, menabung seharusnya menjadi agenda setiap bulan. Misalnya, kita memotong 20% gaji kita khusus untuk menabung. 


Gimana Teman Cantik? Kira-kira apakah kalian sering melakukan kesalahan di atas? Atau justru kalian sudah pintar mengelola keuangan dan punya tips? Share komen di bawah, ya. Thanks sudah mampir, sampai jumpa di artikel aku selanjutnya. (*)


0 Comments