Hari Buku Sedunia dan Dunia Wanita

maitratara.com

Unesco telah menetapkan tanggal 23 April sebagai Hari Buku Sedunia. Pada tanggal tersebut seluruh negara yang tergabung dalam PBB merayakan Wold Book Day tidak terkecuali di Indonesia.


Meskipun tak dapat dipungkiri bahwa Hari Buku Sedunia tidak sepopuler hari kasih sayang, hari ibu, dan beberapa perayaan lainnya. Tapi, masih banyak wanita-wanita Indonesia yang melek literasi beramai-ramai mengunggah foto-foto buku yang mereka miliki ke media sosial terutama Instagram.


Dunia wanita di jaman emansipasi seperti sekarang ini tak hanya menyoal tentang dapur, sumur, dan kasur. Akan tetapi sebagai tiang dunia, wanita masa kini mulai melakukan perubahan-perubahan yang tak hanya terjadi di dunia wanita namun dalam berbagai aspek.

Wanita kini bebas memilih pendidikan, pekerjaan, karier, serta kehidupan yang mereka inginkan. Mereka tak lagi bisa dikekang dengan pemikiran-pemikiran kuno bahwa wanita hanya boleh di rumah, tanpa pendidikan, dan hanya melayani suami serta keluarga.

Selamat Hari Buku untuk wanita-wanita di Indonesia. Jadikan diri kita sebagai tiangnya negara yang mendidik anak-anak kita agar kelak menjadi pemimpin dan membangun negara menjadi negara yang lebih baik, berdaulat, serta ekonomi yang merata bagi bagi seluruh lapisan masyarakat. (*)




Comments

Popular Posts