Cara Membuat Ilustrasi Dengan Canva

Cara membuat ilustrasi

Beberapa hari ini, aku lagi keranjingan bikin ilustrasi. Awal mula kenapa tertarik dengan ilustrasi adalah saat lihat gambar-gambar lucu di grup FB (penulis buku anak). Kayaknya asik gitu. Dan kagum banget sama ilustrator Indonesia yang bisa bikin buku anak jadi menarik dan asik untuk dibaca.

Yah, langsung ajalah ya. Berikut step-step cara membuat ilustrasi dengan aplikasi Canva : 
  • Pastikan teman cantiks sudah download Canva di app store.
  • Kalau sudah, masuk ke menu dan klik tanda + untuk tambahkan gambar. Pilih ukuran sesuai selera.
  • Selanjutnya adalah klik tanda + maka akan muncul tulisan " Ketuk sesuatu untuk mengedit." Klik tanda + di kanan bawah untuk menambahkan gambar.
  • Setelah di klik, maka akan muncul beberapa pilihan. Teks, gambar, video, ilustrasi. Menu ilustrasi ini memang tergolong baru. Setelah mengalami beberapa kali pembaruan, ilustrasi yang disuguhkan oleh Canva adalah yang terbaik, menurutku.
  • Di layar Hp teman cantiks semua akan muncul kolom pencarian. Maka, tuliskanlah sesuatu yang ingin dibuat ilustrasi. Misal, ingin membuat kebun binatang. Maka, pikirkanlah apa saja yang ada di kebun binatang. Contoh; di kebun binatang pasti ada pohon. Maka ketiklah pohon di kolom. Jika Canva menggunakan bahasa Indonesia, gunakanlah bahasa Indonesia. Jika Canva teman-teman berbahasa Inggris, pakailah pengetikan menggunakan bahasa Inggris.
  • Kemudian, setelah mencari ilustrasi.yang diinginkan, akan muncul gambar. Drag and drop gambar. Sesuaikan dengan selera. 
  • Ulangi hal yang sama sampai ilustrasi selesai. 
  • Simpan hasil karya teman-teman. Dan kalau ingin mengeditnya, bisa menggunakan Ligh Room dari Adobe. Menurutku, ini editor terbaik. 

Mudah-mudahan infonya bermanfaat, dan selamat berkreasi. (*)

Post a comment

2 Comments

  1. lumayan sering pake canva buat ngedit foto, tp baru tahu kalo bisa bikin ginian hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. 😄mmg rata² banyak yg blm tau mbak. Taunya Canva bisa buat edit² foto aja. Ayo dicoba mbk.

      Delete
Emoji
(y)
:)
:(
hihi
:-)
:D
=D
:-d
;(
;-(
@-)
:P
:o
:>)
(o)
:p
(p)
:-s
(m)
8-)
:-t
:-b
b-(
:-#
=p~
x-)
(k)