Cara Menjadi Penulis Novel di Era Digital.

 

Cara menjadi penulis novel

     Kamu ingin menjadi seorang penulis dan sedang mencari tips-tips untuk menjadi seorang penulis novel yang andal dan punya ratusan ribu hingga ratusan juta pembaca? Kamu menemukan tulisan yang tepat jika itu tujuanmu.


     Sebelum aku lanjutkan, ada satu pertanyaan nih buat kamu. Apakah kamu suka membaca? Dan seberapa sering kamu membaca buku baik fiksi atau non-fiksi?


     Jika jawaban dari pertanyaan di atas adalah tidak dan kamu jarang membaca buku. Maka, STOP! Berhentilah bercita-cita ingin menjadi seorang penulis novel. Namun, jika jawaban kamu berhenti di iya dan kamu membaca buku hampir setiap hari, bisa jadi kamu adalah novelis terkenal di kemudian hari. 


     Cara Menjadi Penulis Novel di Era Digital: 


  1. Pilih media yang hendak kamu jadikan untuk menulis. Apakah Facebook, Fanpage, grup menulis, atau platform menulis?
  2. Selanjutnya adalah tentukan novel apa yang akan kamu tulis. Apakah novel dewasa, remaja, atau novel dengan based on true story?
  3. Berikutnya adalah pikirkan baik-apa yang hendak kamu tulis. Apakah cerpen (cerita pendek), novella, novelet, atau novel?
  4. Cara yang keempat adalah buatlah kerangka novel. Seperti; nama tokoh, usia tokoh, pekerjaan, sinopsis (isi cerita secara keseluruhan) dan yang tidak tidak kalah penting adalah bagan-bagan tiap bab. Aku sarankan, sebagai seorang yang baru belajar menulis, buatlah cerita pendek terlebih dahulu karena itu akan lebih mudah.

Cara menjadi penulis novel


     Apa bedanya cerpen, novella, novelet dan novel?

      Barangkali diantara Teman Cantik masih kebingungan dalam membedakan apa itu cerpen, novella, novelet dan juga novel. Nah, berikut perbedaannya:

     
       Novel: cerita yang memiliki panjang lebih dari 40.000 kata.
       Novella: cerita yang memiliki panjang 17.500 sampai dengan 40.000 kata.
       Novelet: cerita yang memiliki panjang 7.500 sampai dengan 17.500 kata.
       Cerita pendek (cerpen): cerita yang memiliki panjang tidak sampai 7.500 kata.


      Gimana, Teman Cantik? Sudah memiliki rencana akan menulis apa hari ini? Selamat menulis dan jangan lupa, tag akun Instagram aku, ya kalau kalian sudah mulai menulis. (*)

Post a comment

0 Comments