Cara Mudah Menulis di Aplikasi Dreame

 

Cara menulis di dreame
-Cara Mudah Menulis di Aplikasi Dreame- Hi, Teman Cantik. Ketemu lagi sama aku Maitra Tara masih di Dunia Wanita.

Apa kabar kalian? Stay healthy, happy and beauty, ya. Seperti judulnya, kali ini aku masih membahas tentang dunia platform menulis novel. Yaitu, Dreame atau yang juga dikenal sebagai sebutan Innovel. 


Di Dreame ini, sebenarnya ada beberapa cara agar kita bisa menjadi penulis di sana. Nah, di sini aku bakalan menuliskan step by step dan mudah-mudahan gampang untuk dipahami.

1. Cari editor Dreame terlebih dahulu. 

"Lho, kan belum nulis, kak? Kok sudah cari editor?"

Alasan yang pertama kenapa harus memakai perantara (editor) adalah karena sistem Dreame ini agak susah dipahami apalagi bagi orang awam. Ada ketentuan-ketentuan yang harus dipenuhi, dan saat akan menulis novel baru, di website menggunakan bahasa Inggris. Yang mana, menurut pengalaman aku pribadi banyak yang tidak tahu step-stepnya dan bahkan bingung. Nah, jika sudah ketemu editor, editor inilah yang nantinya akan membimbing calon penulis sampai mendapatkan penghasilan pertama.

Alasan yang kedua adalah saat mengajukan kontrak, kolom kontrak ada tulisan editor code. Dan ini wajib diisi+tidak bisa diisi sembarang kode. Hanya editor Dreame yang memiliki editor code dan kode untuk setiap penulis berbeda. 

Bagaimana cara untuk mendapatkan kontak editor? 


Editor dreame

Bagi Teman Cantik yang ingin menulis di Dreame atau bertanya secara intens, bisa hubungi nomor WA di atas, ya. 

2. Kurasi naskah atau cari 500 subscribers (kalau di Dreame istilahnya love/jumlah pembaca yang memasukkan novel ke dalam daftar pusaka).

Langkah yang kedua adalah pilih mana jalur yang akan kita tempuh. Mengirimkan naskah berupa sinopsis lengkap ke editor dan menunggu kurasi atau langsung nulis dan mengumpulkan 500 love, baru ajukan kontrak?

Dua cara ini memiliki keunggulan dan kekurangan masing-masing. Jika Teman Cantik memilih jalur kurasi, maka harus mengisi sinopsis dan sabar menunggu kepastian editor sebelum publish.


Lama waktu kurasi tergantung banyak atau tidaknya naskah yang masuk. Berdasarkan pengalaman banyak teman, estimasinya memakan waktu antara dua minggu sampai tiga bulan. 

Apakah semua naskah keterima? Jawabannya adalah belum tentu. Ada juga yang ditolak karena tidak sesuai dengan kriteria Dreame/editor. 

Jika Teman Cantik memilih langsung menulis dan mengumpulkan subscribers, kita langsung bisa tahu antusiasme pembaca tanpa harus menunggu kurasi. Kekurangannya adalah, lama waktu mendapatkan 500 love tidak bisa diprediksi. Apalagi, jika Teman Cantik adalah penulis pemula dan belum punya nama. Maka, dituntut kesabaran yang memakan waktu berbulan-bulan.

3. Benefit menulis di Dreame. 

Keuntungan Menulis di dreame

Setelah membahas step by step bagaimana cara menulis di Dreame, kurang lengkap rasanya kalau tidak membahas soal benefit apa saja yang bisa diberikan platform kepada penulis.

Secara singkat, bisa dilihat pada gambar di atas, ya. Namun, bagi yang tidak paham, bisa disimak penjelasan berikut ini. Untuk semua novel kontrak, akan mendapatkan berikut ini:

  • Setelah novel tanda tangan kontrak dan novel berstatus signed novel dan sudah menulis minimal 30.000 kata, maka di bulan berikutnya penulisnya akan mendapatkan 50 USD. 
  • Akan mendapatkan bonus daily update sebesar 150 USD dengan catatan, selama satu bulan full, harus menulis minimal 50.000 kata. Dan boleh absen hanya dua kali (maksimal) dalam sebulan.
  • Ketika novel sudah tamat, maka penulis bisa mengajukan book completion dan akan mendapatkan sejumlah uang sesuai dengan jumlah kata pada novel tersebut. Lihat gambar di bawah untuk lebih jelasnya.
Cara menjadi Penulis di innovel


Gimana Teman Cantik? Sudah memutuskan untuk menjadi penulis Dreame? Cus, hubungi saja editornya dan langsung bikin akun Dreame di sini.

Segitu dulu aja kali, ya. Lain kali kita sambung lagi. Terima kasih sudah mampir dan semoga tulisan ini bermanfaat. (*)

2 Comments

  1. Bagaimana cara mengedit kembali karya ysng terdapat kesalahan penulisan dan kayra sudah terlanjur di unggah..

    ReplyDelete
  2. Kak kalo udah saat kontak editornya,kita ngomong nya gimana kak pertama kali

    ReplyDelete