5 Cara Agar Lebih Produktif

 

Cara agar produktif

 5 Cara Agar Lebih Produktif - Hi, Teman Cantik! Ketemu lagi sama aku Maitra Tara. Udah lama banget aku gak aktif di blog dikarenakan banyak kegiatan yang menguras waktu, tenaga, dan juga pikiran. Nah, sesuai judulnya, kali ini aku bakalan memberikan tips bagaimana sih caranya agar kita lebih produktif. Perlu digaris bawahi, ya. Kita akan membahasa produktif. Bukan sibuk. Karena, dua hal ini sangat berbeda. 


Menurut KBBI, sibuk adalah rajin, atau banyak yang dikerjakan. Sedangkan, produktif adalah bersifat mendatangkan atau menghasilkan. Dengan kata lain, jika sibuk ya sibuk saja. Banyak melakukan banyak hal tapi belum tentu akan menghasilkan. Namun, produktif sendiri tidak identik dengan sibuk akan tetapi bisa menghasilkan. 

5 cara agar lebih produktif

1. Tentukan apa tujuanmu.

Cara pertama agar lebih produktif adalah menentukan tujuan. Misalnya, Teman Cantik adalah seorang penulis. Tentu saja tujuannya adalah menyelesaikan tulisan dan berharap bahwa tulisan itu menghasilkan pundi rupiah. Begitu kita tahu apa tujuan kita, secara otomatis otak akan merancang. Bahwa, banyak hal yang akan dibutuhkan untuk menulis. Misalnya; waktu, tenaga, materi, dan juga pikiran. Setelah tahu apa tujuan kita, setelah itu catat apa saja yang dibutuhkan dan buatlah jadwal agar kita tidak melenceng dari tujuan awal ketika telah menjalankannya.


2. Berpikir positif dan belajarlah bangun pagi. 

Kira-kira, apa yang bisa dihasilkan pikiran negatif ketika baru bangun tidur? Yang mencemaskan inilah, itulah, segala macam. Biasanya, ketika pagi hari sudah diawali dengan pikiran negatif, maka hal-hal negatif pun akan mengikuti bahkan sampai kita akan tidur. Gak percaya? Coba deh ingat-ingat lagi. Saat bangun pagi sudah bete, kesel, maka sepanjang hari ya bete terus. Ada aja yang bikin kesel dan emosi. 

Cara agar lebih profuktif

Sebaliknya, jika kita bangun pagi diawali dengan pikiran yang positif, makan akan muncul ide dan keinginan untuk melakukan kegiatan hari itu sesuai jadwal. Misalnya; setelah beribadah dan membersihkan diri, dimulai dari minum kopi dan membaca berita terkini. Setelah itu, mengerjakan pekerjaan rumah hingga selesai. Begitu selesai, kita mengistirahatkan diri sambil menulis di buku catatan (ini kalau kita seorang penulis sekaligus ibu rumah tangga).


3. Berkumpul dengan orang yang satu frekuensi. 

Cara agar lebih produktif yang ketiga adalah berkumpul dengan orang-orang yang satu frekuensi. Yang memiliki keinginan, serta tujuan yang sama dengan kita. Dengan seperti itu, kita yang tadinya ogah-ogahan, tidak memiliki banyak informasi tentang tujuan kita, tapi karena berkumpul dengan orang-orang yang tepat, kita ketularan vibes positif. Dan sebaliknya, jika kita berkumpul dengan orang yang memiliki tujuan beda, negatif, selalu punya alasan untuk tidak produktif, lama kelamaan kita juga bakal ketularan.


4. Tentukan target dan terapkan reward and punishment. 

Memiliki tujuan tanpa sebuah target, menurutku kurang tepat. Target yang aku maksudkan di sini adalah berapa lama waktu yang kita butuhkan untuk menyelesaikan sebuah tugas. Kalau tidak memiliki target yang jelas, maka kita tidak akan menyelesaikan tepat waktu. Dan di sinilah kegunaan reward and punishment. Saat berhasil menyelesaikan tugas sesuai target, kita akan memberi hadiah ke diri sendiri dan juga sebaliknya. 


5. Just do it! 

Lakukanlah! Mulailah! Yang aku maksudkan di sini adalah mulai sekarang juga. Jangan terlalu banyak mencari teori tapi pada akhirnya kita bilang nanti, nanti, dan nanti. Akhirnya ... gak jadi deh karena kebanyakan nanti. (*)

Cara agar produktif







0 Comments