Cara Mudah Vaksin di Singapura



Cara vaksin di singapura


-Cara Mudah Vaksin di Singapura- Jika di Indonesia ingin vaksin saja harus menguras tenaga, pikiran, dan juga materi, di Singapura menawarkan dengan segala kemudahannya. Tak perlu pakai otot karena daftar vaksin yang ribet, di Singapura, kita bisa mendaftar vaksin kurang dari lima menit!


Peratama-tama, siapkan ID Teman Cantik terlebih dahulu. Soalnya, nanti kita harus mengisi nomor FIN dll.


Setelah itu, silakan login ke sini Ministry of Health Singapore. Setelah masuk ke website, silakan scroll ke bawah, isi no HP dan juga identitas diri dan klik submit dan ikuti langkah-langkah selanjutnya seperti memilih tanggal dan jam berapa kita ingin melakukan vaksin. Kalau dari pengalaman pribadi aku, kebetulan pas aku pencet tanggal sekian, jam sekian, masih ada slot. Jadi, gak perlu nunggu lama. Jangan lupa, pilih di klinik/tempat kita ingin vaksin. Pilih yang terdekat dari tempat tinggal kita. Ketika sudah selesai memilih tanggal dan jam, klik oke, nanti kita akan mendapatkan SMS berupa jadwal vaksin kita yang pertama dan kedua. Simpan SMS tersebut dan jangan dihapus. 


Hal-hal yang harus diperhatikan saat akan vaksin:

  1. Pastikan sarapan dulu. Soalnya gak enak mau vaksin kok perut keroncongan. 
  2. Bawa ID/identity card
  3. Datang tepat waktu. Jangan telat. 
  4. Begitu giliran jam kita vaksin, langsung saja masuk ke area. Tunjukkan SMS dari MOH kepada petugas di tempat. 
  5. Setelah diijinkan masuk, nanti akan dituntun oleh petugas kita harus duduk di mana. Tunggu saja sebentar, maka petugas lain akan datang dan membaca kertas catatan kesehatan. Mereka akan bertanya tentang riwayat kesehatan kita seperti; kapan terakhir menstruasi, apakah pernah kena covid, demam, dll. 
  6. Begitu selesai, tanpa menunggu lima menit, kita akan diarahkan oleh petugas ke bagian resepsionis untuk didata kembali dengan menunjukkan ID. Begitu selesai, petugas akan memberikan secarik kertas yang berisi tentang biodata dan jenis vaksin yang akan disuntikkan.
  7. Tahap enam selesai, petugas akan membawa kita ke area dokter. Tim medis sudah menunggu kita dengan senyum ramah maksimal. Kita bakalan ditanya biodata, dijelaskan tentang jenis vaksin, dan juga tindakan pertama apa yang harus dilakukan ketika kita mengalami efek samping.
  8. Begitu selesai vaksin, kita akan diarahkan oleh petugas untuk duduk di area observasi. Di sana, kita hanya duduk selama 30 menit guna melihat apakah tubuh kita bereaksi terhadap vaksin seperti pusing, mual dll. 
  9. Kalau tahap observasi telah selesai, petugas akan memanggil kita. Memberikan tanda bukti selesai vaksin dan atau jadwal vaksin berikutnya. 
  10. Kalau mau pulang, jangan lupa ambil masker dan hand sanitizer yang disediakan, ya.

Demikian cara vaksin di Singapura. Semoga bermanfaat. Lain kali aku bakalan menulis bagaimana cara download sertifikat vaksin. (*)




0 Comments