Cara Menulis di iReader

 

Cara Menulis di iReader

-Cara Menulis di iReader- Hola, Teman Cantik! Ketemu lagi sama aku Maitra Tara. Udah lamaaaaa banget ya aku gak ngisi blog ini dengan konten lain selain novel (hahaha). Aku harap kalian gak bosan mampir dan selalu bisa mendapatkan manfaat/hiburan dari blog ini.


Seperti judulnya, kali ini aku bakalan kasih informasi tentang bagaimana sih caranya menulis di iReader. Well, platform ini tuh sebenernya udah tergolong lama, ya. Baik itu untuk novel berbahasa Indonesia maupun bahasa Inggris. Hanya saja, nih ... kemarin-kemarin novel yang ada di iReader adalah novel-novel cetak. Bukan novel ala platform. Dan sekarang, agaknya mereka mau bertransformasi untuk memuat novel ala jaman now. Woke, deh. Gak usah lama-lama biar kalian gak bosen!


Cara Menulis di iReader.

1. Step pertama yang harus kalian lakukan adalah membuat akun kemudian login di tautan ini https://ugc.ireader.mobi/#/login


2. Setelah mendaftar, kemudian konfirmasi melalui email dan login, langsung isi biodata kalian (nama pena gak bisa ganti-ganti, ya. Harap hati-hati dan teliti) lalu buat novel baru. Tambahkan minimal 5 bab dan juga cover novel kalian. 


3. Setelah mengunggah cerita kalian, langsung hubungi editor iReader. 


Format chat editor:

  • Salam, kemudian perkenalkan diri kalian.
  • Beritahu bahwa kalian telah mengunggah naskah. Sertakan ss biar lebih mantab. 
  • Setelah itu, minta formulir pendaftaran.
  • Panel editor akan memberi tahu novel kalian keterima atau tidak (untuk novel eksklusif). Sedangkan, untuk novel non-ekslusif, silakan beri tahu editor mau dikunci mulai dari bab berapa. 


Cara menulis di ireader

Setelah membahas cara menulis di iReader, sekarang kita bahas tentang benefitnya. Ini kan ya yang bikin kalian semangat. Hahaha.


Seperti yang bisa kalian lihat pada gambar di atas, novel-novel yang kontrak eksklusif akan mendapatkan bonus pokok (besaran bonus ditentukan oleh editor, ya. Berdasarkan kualitas naskah dan jumlah kata). Royalti pembagian bab berbayar sebesar 70% dan juga bonus novel tamat. Untuk besaran bonus tamat, lihat gambar di bawah ini.


Cara menulis di ireader

Cara menulis di uReader

Ngebahas soal bonus ekslusif sudah, bonus tamat, sudah. Cara menulis di iReader, sudah. Sekarang saatnya kita geser ke benefit non-ekslusif.


Baca juga: Perbedaan Kontrak Ekslusif dan Non-eksklusif


Kalau aku bilang, bonus untuk kontrak non-eksklusif tergolong besar, ya. Jika di platform sebelah 100.000 kata dapat 30 USD. Di iReader penulis mendapatkan 60 USD untuk 100.000 kata. Selain itu, juga masih tetap mendapatkan royalti sebesar 70%.


Cara Pembayaran di iReader dan Minimal Penarikan.

Sekarang kita tiba pada hal yang paling krusial, nih. Yaitu soal pembayaran. Minimal penarikan adalah 100 USD dan menggunakan Paypal. Hayooo siapa yang belum punya Paypal? Cepetan bikin, deh! 


Kelebihan dan Kekurangan iReader:

Well, sejujurnya aku sendiri juga belum tahu karena belum menulis di sana. Semua informasi di atas aku dapat dari editornya langsung. Seperti yang aku bilang tadi, iReader baru bertransformasi. Sehingga, untuk aturan dipastikan akan ada perbahan dalam tiga bulan mendatang. Oya, untuk saat ini di iReader tidak ada istilah daily update. Yang penting kalian menulis dan tamat dalam kurun waktu selama 3 bulan (jika mau mendapatkan bonus novel tamat). Kalau novelnya selesai lebih dari 3 bulan setelah tanda tangan kontrak, maka bonus tamat akan hangus. Hanya akan dapat bonus pokok dan juga royalti saja.


Kalau dilihat secara kasat mata untuk sekarang ini, aku bilang benefitnya okelah. Tapi kalau untuk mudah atau tidaknya lulus kontrak, agaknya kalian harus berjuang keras karena pihak iReader selektif.


Segitu dulu aja kali, ya. Semoga bermanfaat tulisan ini buat kalian dan jangan bosan-bosan mampir. Sampai ketemu lagi di artikel selanjutnya. Sayonaraaaaa. (*)



0 Comments