4 Manfaat Daun Pepaya yang Perlu Kamu Ketahui.

 

4 Manfaat Daun Pepaya yang Perlu Kamu Ketahui- Daun pepaya bagi orang Indonesia aku yakin udah gak asing lagi, nih. Apalagi kalau Teman Cantik penyuka sayur dan lalapan. 

Kemarin, ceritanya aku tuh pengen banget makan daun pepaya karena sedang merasa kurang serat. Tanpa pikir panjang, aku langsung ambil daun pepaya di depan rumah bulek dan bim salabim, sampai rumah langsung dieksekusi. 

Sayuran yang rasanya cenderung pahit ini, gak aku masak aneh-aneh. Cukup rebus dan dibuatkan sambal. Udah gitu aja. Kemudian pas saat makan nih, tiba-tiba terlintas di pikiran aku apa sih manfaat daun pepaya? Selama ini aku tahunya daun pepaya banyak manfaatnya, tetapi ya itu aja tahunya. Gak tau secara spesifiknya dan gak pernah mencari tahu. 

Akhirnya aku mencari buku di Google Play Book tentang manfaat daun pepaya dan ketemulah dengan buku kak Tresno Saras yang diterbitkan oleh Tiram Media.

1. Pembersih alami.

Yang dijabarkan di dalam buku,  daun pepaya mengandung enzim papain yang bisa membantu membersihkan dan mengelupas sel-sel kulit mati.

Di sini aku langsung mikir, nih. Pantas banyak produk kecantikan yang terbuat dari pepaya. Namun, yang jadi pertanyaan apakah tak masalah menggunakan daun pepaya sebagai bahan exfoliate? Agaknya perlu aku coba, nih. 

2. Mempercepat penyembuhan pada luka. Ternyata, selain sebagai pembersih, zat papain juga membantu merangsang pertumbuhan sel-sel baru dan mempercepat penyembuhan.

3. Memperbaiki pencernaan. Bagi Teman Cantik yang kebetulan punya perut kembung, diare, bisa banget nih mengonsumsi daun pepaya. Bisa digunakan sebagai lalapan bisa juga direbus, atau ditumis dicampur dengan ikan teri. 

4.Sebagai anti inflamasi. 

Daun pepaya mengandung sebuah senyawa yang bisa membantu meredakan peradangan arthritis (Arthritis adalah pembengkakan dan nyeri yang dirasakan pada satu sendi atau lebih).

Sebenernya masih banyak lagi manfaat daun pepaya bagi kesehatan dan juga kecantikan. Untuk lebih lengkapnya Teman Cantik bisa membaca bukunya secara langsung, ya. Thanks for reading, see you! (*)


0 Comments