Pekerjaan yang Cocok untuk Lulusan Tata Boga

            Pekerjaan yang cocok untuk lulusan tata boga


-Pekerjaan yang Cocok untuk Lulusan Tata Boga- Bagi siswa atau siswi yang akan atau sudah lulus Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Tata Boga biasanya mengalami dilema antara kerja atau kuliah. Kalau kuliah kok biayanya besar dan belum ada, kalau kerja kok bingung mau kerja apa dan bagaimana. Nah, di sini aku mau berbagi sedikit pengalaman yang barangkali bisa mengobati kegalauan kalian.

Pertama-tama (hal ini sangat mendasar menurutku) bidang apa yang lebih kalian sukai dan sesuai kemampuan (yang namanya belum memiliki pengalaman kerja, pasti kemampuan minim. Tapi, paling tidak ada satu kemapuan yang menonjol). Kalian lebih prefer ke mana? Area dapur (masak/bakery) atau di bagian service?

Setelah menentukan bagian yang 'aku banget, nih' carilah informasi lowongan pekerjaan dari internet maupun koran Minggu. Biasanya, akan ada restoran, cafe atau bahkan rumah makan yang mengiklankan untuk mencari karyawan. 

Setelah menemukan lowongan yang tepat, buatlah resume sebagus mungkin tentang diri kalian. Sertakan sertifikat-sertifikat kalau memang ada. Yang tak kalah penting adalah jangan berpikiran "Aku akan digaji berapa, ya? Kalau gaji kecil aku gak jadi, ah! Maunya yang gaji besar!"

Jangan berpikiran seperti di atas, ya. Namanya kita belum memiliki skill, bayaran tentu saja masih minim. Ingat, pekerja restoran atau rumah makan, gajinya bukan UMR (rata-rata seperti itu). Dan biasanya untuk bagian memasak/bakery, gaji mereka akan naik atau bisa pasang tarif sesuai berapa banyak dan lama pengalaman di bidang tersebut. Atur mindset kita bahwa tidak ada gaji besar bagi kita yang belum berpengalaman. 

  1. Restoran 
  2. Bakery
  3. Cafe
  4. Rumah makan
  5. Fast food seperti KFC, McD, Pizza HUT 
  6. Hotel
Beberapa di atas adalah tempat-tempat yang biasanya mencari tenaga kerja dari SMK Tata Boga. Job desk yang paling sering untuk yang baru lulus biasanya bagian waiter/ss kalau untuk urusan dapur, biasanya dicari yang berpengalaman minimal satu tahun. (*)




0 Comments