Senjata Ampuh Bagi Penulis Pemula (2)

 


Rabu, 1 November 2023


Senjata Ampuh Bagi Penulis Pemula (2)- Hola, ketemu lagi sama aku Maitra Tara. Bahasan kali ini masih sama, ya. Masih seputar dunia tulis menulis gitulah.

Langsung ajalah biar kamu gak bosen karena terlalu banyak intro (ahahaha).

Berikut senjata ampuh bagi penulis bagian kedua:

1. Wajib banget punya aplikasi word untuk menulis, bikin draft, atau catatan. Kalau aku pribadi, andalanku adalah WPS. 

2. Plot generator. Aplikasi yang satu ini tidak hanya membantumu mengumpulkan data-data novel kamu, tetapi juga draft novelmu. Kamu bisa download aplikasi plot generator di Google Play Store. Download Morfeus Plot (hehe. Ini aplikasi bikinan aku, lho. Dipake, ya).


3. Kalender meja. Gabut banget, ya kalender. Ahahaha. Tapi seriusan, kalender meja ini sangat penting sekali untuk melingkari tanggal berapa deadline menulis. 

4. Alat tulis. Benda ini juga tak kalah pentingnya dengan yang lain. Pen dan buku adalah sepasang sejoli yang harus ada di meja kerja kerja. Ketika ada ide mendadak dan kamu gak sempat menuliskannya di Morfeus Plot, kamu bisa menuliskannya di buku. Namun, ada yang perlu diingat. Pastikan menulis dengan rapi agar kamu bisa membacanya di lain waktu. Jangan sampai catatan kamu itu hanya menjadi catatan bersejarah yang tak terbaca seperti ceritamu dan dirinya. Eh .... 

Well, segitu dulu, ya. Kayaknya simple dan gak penting, tapi percayalah ketika kamu menerapkan hal-hal di atas, perjalananmu menjadi seorang penulis lebih terorganisir dan lebih kelihatan kayak penulis profesional. Thanks for reading, see yaaah. (*)

0 Comments