5 Senjata Ampuh yang Harus Dimiliki Penulis Pemula.

 

Senjata penulis pemula
-5 Senjata Ampuh yang Harus Dimiliki Penulis Pemula- Profesi sebagai penulis saat ini (khususnya penulis platform) tak bisa lagi dipandang sebelah mata. Tak hanya bisa memiliki ratusan hingga jutaan pembaca, penulis di era industri 4.0 juga bisa meraup ratusan ribu hingga ratusan juta setiap bulan dari hasil menulis. 

Ingin menjadi seorang penulis atau kamu seorang penulis pemula? 5 senjata ini wajib kamu persiapkan sebagai teman menulis!

1. Google Search.

Setelah memutuskan akan menulis di platform mana sih ... hal pertama yang paling dibutuhkan adalah mesin pencari google. Apapun yang tidak kita ketahui, kita bisa bertanya langsung pada si Mbah Gugel yang serba tahu ini. 

Misalnya; kita akan menulis novel dengan latar negara Perancis. Nah, di Perancis ini ada apa aja, sih? Bagaimana budaya dan kebiasaan orang-orang setempat, apa ibukota Perancis, apa saja musim di sana dan masih banyak lagi.

2. KBBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia).

Well, sebagai seorang penulis pemula, gak ada salahnya kita langsung belajar KBBI/EBI. Setiap kali kita tidak yakin dengan kata yang ingin dituliskan (baku atau tidak) langsung bisa cus deh ke aplikasi KBBI yang bisa didownload di Google Play Store atau bisa cek websitenya bagi yang RAM ponsel tidak memadai. Website resmi Kemdikbud klik di sini.

3. Penerjemah Bahasa Asing.

Senjata yang tak kalah penting nomor tiga adalah penerjemah. Mungkin, bagi kebanyakan penulis ini tidak penting. Tapi, percayalah bahwa penerjemah ini akan membuat tulisan kita semakin keren dan terlihat berkelas.

Misalnya, kita yang gak tahu bahasa Inggris, Rusia, Belanda, atau bahasa lainnya langsung tulis saja deh di penerjemah dan tadaaaa apa yang kita butuhkan telah tersedia.

Nilai plus tersendiri ketika novel kita diselipi bahasa asing, maka pembaca akan berpikir bahwa kita adalah penulis yang tak hanya pandai meramu kata-kata akan tetapi juga pintar berbahasa asing. Padahal mah kita cuma tanya si penerjemah. Yakan (ketawa jahat).

Penerjemah yang bisa kita pakai beragam, ya. Bisa menggunakan Google Translate, atau aplikasi penerjemah yang bisa di download di Google Play Store.

4. Aplikasi/website Pembuat Cover.

"Kak, aku kalau cover buku mah tinggal pesan aja. Murah, kok. Gak ada 50 rb."

Eitsss. Tunggu dulu. Ini bukan soal murah atau mahal. Biasanya, aplikasi atau website yang menyediakan gambar untuk membuat cover, dia juga akan menyediakan gambar yang lucu-lucu dan free yang bisa kita pakai untuk kebutuhan promosi novel kita di media sosial. Gak mungkin kan tiap mau promosi novel, kita beli atau minta tolong temen dulu untuk bikinin gambar?

5. Media Sosial.

Senjata nomor lima ini tak kalah pentingnya dengan yang lain. Yaitu, media sosial. Gunanya media sosial ini bukan untuk ngepoin sosmed mantan, ya. Tetapi, untuk mempromosikan novel yang kita tulis. Pastikan maintance sosial media dengan baik agar kita bisa memiliki pembaca setia yang bersedia mengeluarkan uang untuk membeli novel-novel kita.

Segitu aja bahasan kali ini. Terima kasih telah mampir, semoga kalian sehat selalu dan sampai ketemu lagi. (*)




 

Post a comment

0 Comments