3 Manfaat Pare yang Sangat Berguna Bagi Kesehatan.

3 manfaat pare untuk kesehatan
Image by Bing Image Creator

 3 Manfaat Pare yang Sangat Berguna Bagi Kesehatan- Banyak orang yang tidak menyukai sayur pare karena rasanya yang pahit dan dianggap tidak enak. Padahal, pare memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. 

Berikut 3 manfaat pare yang sangat berguna bagi kesehatan yang aku harap bisa mengubah persepsi Teman Cantik mengenai pare. 

Pare Membantu Menurunkan Asam Urat. 

Penyebab asam urat sangat beragam. Beberapa di antaranya adalah faktor genetik, makanan tinggi purin seperti jeroan, kacang-kacangan, emping, atau berat badan berlebih. 

Baca juga: Khasiat Brokoli. Si Hijau yang Kaya Manfaat

Cara membuat ramuannya adalah rebus satu buah pare yang sudah dibersihkan dan dipotong menjadi bagian dengan 2 gelas air. Minum air rebusan pare 2-3 kali sehari. 

Pare Membantu Menurunkan Gula Darah.

Selain membantu menurunkan asam urat dalam tubuh, rupanya pare juga bisa membantu menurunkan gula darah. 

Caranya sama seperti di atas yaitu meminum rebusan air pare atau dibuat jus pare. Wah, kebayang pahitnya kayak apa. 

Membantu Mengobati Kanker.

Sayur pare mengandung antioksidan yang sangat baik bagi tubuh. Salah satu di antaranya adalah membantu pengobatan penderita kanker. 

Sebetulnya mengonsumsi pare sangat beragam. Bisa direbus dan diminum airnya atau dijadikan jus (jangan tambah gula, ya), tetapi untuk bisa mengurangi rasa pahitnya Teman Cantik bisa membuat tumisan pare, mengukus, merebus, atau dibuat lalapan. 

Baca juga: Manfaat Okra

Kalau aku pribadi sudah terbiasa makan pare dan tidak terganggu dengan rasanya yang pahit. Biasanya aku lebih suka dibuat lalapan atau direbus dengan terong lalu dicocol sambal rebus saat makan. 

Gimana Teman Cantik? Masih ngeri makan pare karena rasanya yang pahit? Mulai sekarang belajar makan pare, ya. Karena ternyata khasiatnya lebih besar daripada hanya sekadar rasa yang tidak enak di lidah. (*)



***Sumber referensi: Majalah Trubus: Pahitnya Pare Berujung Manis. Baca di Ipusnas secara gratis. 




0 Comments