Terserang Stroke di Usia Muda. Mungkinkah Terjadi?

 

Bing Image Creator

Terserang Stroke di Usia Muda. Mungkinkah Terjadi?- Mendengar kata-kata stroke, yang ada di pikiran orang awam pasti tua, tubuh mati separo, tidak bisa bicara, tidak bisa berjalan dengan normal, dll. Namun, pada kenyataannya orang yang terkena stroke tidak melulu orang yang sudah berusia di atas 55 tahun ke atas, lho.

Lha, emang ada masih muda bisa terkena stroke? Jawabannya adalah ada dan bisa karena kebetulan aku sendiri mengalaminya. 

Sudah dua bulan aku mengonsumsi obat setiap harinya. Mulai dari asam folat hingga obat pengencer darah karena ada banyak penyumbatan saraf di otakku (Terlihat dari hasil CT-scan. Jadi bukan halu kayak las bikin novel). 

Awal mulanya gimana sih kok aku bisa kena stroke? Well, ceritanya sangat panjang, tetapi secara singkat aku sudah bertahun-tahun merasakan tanda-tandanya. Hanya saca tidak aware alias menyepelekan. 

Sudah lama aku merasakan kebas di wajah. Kalau bahasa jawanya itu geringgingen atau semuten. Kalau biasanya semutan itu di kaki atau tangan, nah, kejadian di aku adalah dimulai dari wajah terlebih dahulu. 

Kalau dulu, sangat jarang terjadi. Biasanya hanya akan muncul saat aku terlalu lelah bekerja atau kurang istirahat. Namun, belakangan sering terjadi terutama saat sedang menyetir. 

Nah, hingga suatu pagi aku jatuh dan kehilangan kesadaran. Pas terbangun, tiba-tiba tubuh sudah lumpuh termasuk mulut dan bibir yang tidak bisa digerakkan. Setelah diperiksa urine, darah, serta CT-scan, akhirnya ditemukanlah biang keroknya. Ternyata banyak saraf di otak aku yang jaringan darahnya tuh tersumbat. 

Karena aliran darah yang tidak lancar inilah kenapa wajahku serih kebas dan kadang-kadang pandangan mata kabur. 

Sebetulnya apa sih penyebab stroke? 

Belajar dari pengalamanku sendiri dan dari buku serta artikel yang aku baca, penyebabnya beragam. Beberapa di antaranya adalah ada hubungannya dengan stres dan depresi. Berat badan yang tidak ideal alias kegemukan, hipertensi, jarang gerak, juga bisa menjadi faktor terkena stroke. 

Apakah penderita stroke bisa sembuh total? 

Jawabannya adalah bisa. Pastikan berobat begitu mengenali tanda-tandanya. Karena bisa sembuh total atau tidak, tergantung seberapa parah, cepat-lambat penanganan. Dan tentu saja semakin cepat semakin baik. 

Bagaimana cara mencegah stroke di usia muda?

Sebagai survivor, saran terbaikku adalah kelola stres, hati, dan pikiran. Tiga hal yang aku sebutkan barusan adalah sumber segala penyakit. Terlalu banyak memendam perasaan yang membuat kita stres pun tidak baik. Karena banyak penyakit parah bermula dari yang namanya stres. (*)


0 Comments