Waspadai Kanker Payudara. Yuk, Periksakan Sebelum Terlambat.

 

Kanker payudara
Waspadai Kanker Payudara. Yuk, Periksakan Sebelum Terlambat- Banyak wanita Indonesia yang mengabaikan rasa sakit yang dialaminya dan baru melakukan tindakan setelah kanker mulai menyebar atau terjadi iritasi di payudara. 

Disclaimer terlebih dahulu, apa yang aku tulis di sini adalah berdsarkan pengalaman pribadi serta orang-orang yang aku temui selama beberapa bulan belakangan.

Sudah lebih dari enam bulan aku berurusan dengan kanker payudara. Yang mulai dari bolak-balik ke rumah sakit untuk periksa, mammogram, sampai dengan kemotherapi. 
Capek, stress, bingung, semuanya bercampur menjadi satu, tetapi syukur alhamdulillah semua itu bisa dilalui dengan baik. 

Kanker payudara tak pandang umur. Kali ini aku akan menceritakan pasien yang waktu itu bertemu denganku di depan ruang radiologi saat akan melakukan mammogram. 

Sebut saja A. Dia masih muda dan memiliki dua orang anak yang masih kecil. Sebagai pegawai pabrik, syukur alhamdulillah semua biaya si A di-cover oleh BPJS Tenaga Kerja dari perusahaan. 

Kami banyak mengobrol sore itu terutama soal apa sih yang dialami pertama kali?
Si A menjawab bahwa yang dia rasakan adalah rasa nyeri di payudara bagian kanan. Nyeri, sakit, nyut-nyutan, pokoknya tidak nyaman.
Setelah itu dia pergi ke puskesmas, menceritakan semua keluhannya, dan pihak puskesmas akhirnya memberikan rujukan ke RS.

Setelah konsultasi dengan dokter, akhirnya dirujuk ke radiologi untuk mammogram dan tada. Hasilnya terdapat 2 benjolan yang kira-kura besarnya 2-4cm. 

Akhirnya si A direkomendasikan oleh dokter untuk melakukan pengangkatan benjolan plus pengambilan sample (biopsi).
Syukur alhamdulillah, lagi-lagi si A gak berhenti bersyukur ternyata tumor di payudaranya tidak bersifat ganas. Jadi tak perlu sampai vasektomi dan juga kemotherapi. 

Lakukan SADARI.
SADARI adalah kegiatan pemeriksaan diri sendiri dari mulai meraba payudara, ketiak, dan merasakan apakah ada benjolan saat meraba. 
Tidak perlu malu atau takut. Apalagi kalau Teman Cantik merasa ada rasa nyeri atau sakit di payudara.
Jangan sampai seperti beberapa tetanggaku yang aku dengar membiarkan kankernya menyebar ke mana-mana sampai borokan, payudara bolong, keluar nanah, dll. 

Tumor, kanker, adalah penyakit yang menakutkan bagi wanita, tetapi harus dilawan dengan ikhtiar. Bagi Teman Cantik yang merasa kuatir dengan biaya, jangan takut. BPJS sudah meng-cover semua pengobatan sampai tuntas, kok. 

Kalau Teman Cantik sedang mengalami rasa sakit pada payudara, tetapi takut dan bingung harus bagaimana serta butuh teman cerita, silakan hubungi aku di FB Maitra Tara. Insyaallah aku bisa menjadi teman berbagi. (*)

0 Comments