Cara Membaca Novel Online Gratis

Cara membaca novel gratis
Eks: Canva

-Cara membaca novel online secara gratis- Ngomong-ngomong sooal novel, beberapa tahun belakangan dunia per-novelan mengalami peralihan yang bisa dibilang signifikan. Yang tadinya orang-orang membaca buku fisik atau bahkan tak pernah membaca sama sekali, sejak menjamurnya platform, masyarakat berbondong-bondong membaca novel yang bisa diakses secara online.

Nah, terus gimana caranya membaca novel online secara gratis? Caranya sangat mudah yaitu kita tinggal download aplikasi menulis Wattpad, Dreame, NovelMe, Storial, Webnovel dan masih banyak lagi. Atau bisa juga diakses melalui website resmi platform yang ada di atas.

Baca juga: Cara Mengubah Tema Blog.

Untuk memudahkan dalam membaca, aplikasi yang bisa didownload di play store sangat disarankan.

Lalu, apakah novel-novel yang kita baca akan benar-benar gratis? Jawabannya adalah tidak! Karena untuk mengakses novel-novel yang ingin dibaca tetap membutuhkan jaringan internet. Tanpa kuota, tidak akan bisa mengakses novel kesayangan kecuali sudah pernah didownload sebelumnya. Maka, kita bisa membacanya secara offline.

Serius gratis? Nanti ujung-ujungnya beli koin! Sebenarnya, mau itu di platform A B C D, banyak sekali novel yang gratis meski di sana juga menyediakan novel berbayar (harus beli koin). Hanya saja, kita sebagai pembaca harus jeli mencari mana yang gratisan. Dan yang perlu diingat, jangan membaca novel yang sedang viral kalau menginginkan yang gratis. Karena rata-rata novel yang sudah viral, pasti babnya dikunci dan harus dibuka pakai koin yang harus dibeli dari platform tersebut.

Di Wattpad banyak gratis, tapi kok banyak iklan? Mengganggu! (Huffft. Author tarik napas dalam-dalam dulu, ya). Seperti yang aku sampaikan di atas, tidak ada yang benar-benar gratis. Kalau tidak ngabisin pulsa untuk beli kuota ya harus terganggu dengan munculnya iklan berupa banner atau video ketika sedang asik membaca novel. Kalau di Wattpad sendiri, pengguna yang tidak ingin terganggu saat membaca, bisa upgrade akun ke premium. Maka, akan dijamin bebas iklan!

Nah, kamu termasuk yang mana, nih? Pembaca novel online atau fisik? Atau justru dua-duanya? (*)

Post a comment

0 Comments