Cara Menjadi Penulis KBM App

 

Cara menulis di KBM app
-Cara Menjadi Penulis KBM App- Belakangan ini, sedang booming dan ramai diperbincangkan oleh penulis-penulis platform tentang sebuah aplikasi menulis lokal lama dengan wajah baru. Yup, KBM App. Just info aja, nih. Dahulu kala (ya ampun bahasanya🤣) KBM App ini bernama Ketix. Nah, setelah diambil alih oleh Pak Isa Alamsyah dan Bunda Asma Nadia, Ketix menjelma menjadi KBM App. 

Sebelum berlanjut ke bagaimana sih cara menjadi penulis KBM, aku ingin menuliskan terlebih dahulu apa sih kelebihan dan kekurangan KBM App dibandingkan semua platform menulis yang ada di Indonesia. 

  1. Kelebihan yang pertama adalah di KBM tidak terikat. Dengan kata lain, kita tidak perlu melakukan kontrak di sana. Jadi, penulis bebas posting tanpa takut akan terikat kontrak yang merugikan atau bahkan ditolak.
  2. Di KBM App tidak ada yang namanya editor. Jadi, semua penulis bebas menulis tanpa rasa takut akan kena semprit editor atau bahkan disuruh revisi (Bebas tapi tertib, ya. Karena setiap platform menulis memiliki kebijakan sendiri-sendiri).
  3. Selanjutnya adalah penulis tidak terbebani dengan adanya jumlah minimun subscribers dan views untuk monetize buku yang terbit di KBM App. Begitu jumlah bab yang ada di novel kita lebih dari 10 bab, langsung bisa deh diajukan monetize dan akan dikunci detik itu juga.
  4. Jumlah penarikan uang yang terbilang terjangkau yaitu 100 rb.
  5. Sistem bagi hasil yang menurutku ramah pada penulis dengan ketentuan sebagai berikut:- Jika omset penjualan tulisan sebesar Rp 0 – Rp 1.000.000,-, maka persentase bagi hasil 70% untuk PIHAK KEDUA - 30% untuk PIHAK PERTAMA.

    - Jika omset penjualan tulisan sebesar Rp 1.000.001 – Rp 5.000.000,-, maka persentase bagi hasil 65% untuk PIHAK KEDUA - 35% untuk PIHAK PERTAMA.

    - Jika omset penjualan tulisan sebesar > Rp 5.000.001,-, maka persentase bagi hasil 60% untuk PIHAK KEDUA - 40% untuk PIHAK PERTAMA.

    - Bagi hasil yang dibagikan merupakan nominal yang sudah dikurangi biaya-biaya seperti biaya administrasi fee pihak ketiga (pihak penerima pembayaran), biaya afiliasi, dan biaya perbankan.
  6. Harga per-bab yang tergolong menghargai penulis yaitu sebesar Rp 1.500.

Setelah membahas tentang kelebihannya, rasanya gak fair gitu ya kalau kita gak membahas kekurangannya. Secara, tidak ada dan tidak akan pernah ada platform menulis yang sempurna. 

Kekurangan di sini sebenarnya kekurangan yang ada di banyak platform Indonesia baik itu lokal maupun luar. Yang pertama adalah bagi penulis pemula dan sama sekali belum memiliki followers, maka jangan berharap bahwa kita bisa gajian di bulan pertama kita menulis. Well, intinya semua itu butuh proses. Dan bagi yang terbiasa dengan bonus bulanan di platform sebelumnya, biasanya akan sulit menyesuaikan diri karena di KBM App tidak ada yang namanya bonus bulanan/kerajinan dan pure mengandalkan pembaca yang membaca buku kita.

Hal selanjutnya yang menjadi keresahan banyak penulis adalah selera pembaca yang Indonesia banget. Bisa kita lihat sekarang ini bahwa novel-novel yang laris di sana adalah novel dengan drama rumah tangga yang sebenarnya untuk beberapa orang membikin bergidik ngeri. Yaitu; tentang perselingkuhan, mertua jahat, istri yang teraniaya. Pun judul-judulnya yang benar-benar lokal dan kadang nyeleneh. Sebagai penulis,kita memang tak bisa menyalahkan selera pasar. Dan sebagai penulis, kita harus pintar menyesuaikan pasar. Kalau kita tidak mau menyesuaikan pasar yang ada di KBM App, sebagai penulis baru di sana kita harus ekstra kerja keras dan menciptakan pasar sendiri agar kita memiliki pembaca.

Cara Menjadi Penulis KBM App.

Akhirnya kita sampai di tahap ini. Yaitu, cara menjadi penulis KBM App:
  1. Download aplikasi KBM di Google Play Store kemudian sign up. Masukkan data-data yang diminta kemudian klik ok.
  2. Setelah mendaftar, kita bisa langsung sign in. Langsung pergi ke menu menulis buku baru, unggah sampul buku, judul buku, genre, sinopsis dan juga tag untuk mempermudah pembaca mencari novel kita. Setelah itu tambahkan bab dan publish. Dan selamat, kamu telah menjadi penulis KBM App!
Sekian dulu tulisan kali ini, bagi yang masih bingung, bisa menyimak video di akun YouTube aku. Terima kasih telah membaca dan semoga tulisan ini bermanfaat. (*)







Post a comment

0 Comments