Apa itu Kontrak Non-Ekslusif

 

Apa itu kontrak non eksklusif

-Apa itu kontrak non-ekslusif?- Hai, Teman Cantik? Apa kabar kalian? Stay healthy, happy and beauty, ya. Bagi para calon penulis atau penulis media platform online pasti gak asing lagi dengan yang namanya kontrak non-ekslusif. Ya, meskipun banyak juga yang tidak tahu atau bahkan bingung sama maksudnya kontrak non-ekslusif. Kalau kamu sedang mencari tahu apa itu kontrak ekslusif dan non-ekslusif, kamu menemukan bacaan yang tepat.


Apa itu kontrak ekslusif? 

Sebelum kita ngebahas tentang kontrak non-ekslusif, kita bahas kontrak ekslusif dulu, deh. Biar tahu perbedaan antara kedua jenis kontrak. 

Kontrak ekslusif adalah kontrak di mana novel Teman Cantik hanya boleh publish di platform tersebut. Tidak boleh terbit di manapun sampai kontrak habis (kalau platform-platform yang menggunakan kontrak seumur hidup ya selamanya novel itu hanya boleh ada di sana).

Apa Itu Kontrak Non-Eksklusif?

Berbeda dengan kontrak ekslusif yang notabene mengikat sampai jangka waktu tertentu (sesuai kontrak/kesepakatan kedua belah pihak), kontrak non-ekslusif ini bersifat fleksibel. Tidak mengikat. 

Misalnya; novel Teman Cantik terbit di Goodnovel dengan kontrak non-ekslusif. Maka, novel tersebut bisa dan diperbolehkan terbit di platform lain yang sama-sama menerbitkan kontrak non-ekslusif. Seperti; KBMDreame , Google Play Book atau bahkan self publishing. 

"Kak, apakah kalau kontrak ekslusif pasti akan mendapatkan bonus kalau novel kita dikontrak?"

Jawabannya adalah tidak, ya. Dapat bonus atau tidak, itu adalah aturan masing-masing platform. Misalnya; seperti Storial. Di sana termasuk kontrak ekslusif dan penulis tidak mendapatkan apa-apa selain penghasilan (royalti) dari bab berbayar (bab yang dikunci). Penerbit-penerbit (baik major/indie) juga tergolong ke kontrak ekslusif, ya. Penulis tidak mendapatkan bonus apa-apa kecuali royalti dari penjualan buku kita. 

Sekarang, sudah jelas ya mengenai kontrak non-ekslusif? Semoga bermanfaat informasi di atas, sampai ketemu lagi. (*)



0 Comments