Penghasilan Penulis Novel Platform 2021

 

Penghasilan penulis novel 2021

-Penghasilan Penulis Novel 2021- Hai, Teman Cantik! Apa kabar kalian? Semoga sehat selalu, tetep cantik dan pastinya menjalani hari-hari yang bahagia serta menyenangkan meski pandemi Corona tak kunjung menghilang.


Seperti judulnya, kali ini aku akan membahas tentang berapa sih penghasilan penulis novel setiap bulannya? Firstly, karena aku sendiri adalah seorang penulis novel platform sekaligus menjadi mentor di bawah naungan Morfeus, maka yang aku bahas di sini adalah penghasilan penulis novel platform digital. Bukan penulis novel yang karyanya dicetak oleh penerbit major. 


Berapa royalti penulis platform?
Jika penulis major rata-rata royalti sekitar 10% dari penjualan buku, maka pada penulis platform sedikit berbeda. Besarnya royalti yang bisa didapat oleh penulis sangat beragam tergantung platformnya. Kisaran royalti platform yang aku tahu sampai saat ini yaitu 6%-60%. 

Berapa penghasilan penulis novel setiap bulannya?
Standar penghasilan penulis novel platform pada umumnya (novel yang penjualan babnya biasa saja) range-nya adalah ratusan ribu hingga jutaan rupiah (ini khusus platform-platform yang memiliki ketentuan bonus setiap bulan, ya). Kalau dihitung-hitung ya kisaran Rp 400.000- Rp 3.000.000.

Lain cerita dengan novel-novel laris di pasaran. Penghasilan penulis novel bisa mencapai 10 juta hingga ratusan juta rupiah setiap bulannya. Ini khusus untuk penjualan bab berbayarnya saja. Belum termasuk bonus dan juga hadiah dari pembaca. 


Gimana? Tertarik untuk menulis di platform digital? Buruan deh cari platform yang tepat untuk Teman Cantik. Terima kasih sudah mampir, sampai ketemu lagi. (*)


0 Comments