Apa Itu Kanker Serviks?

Apa itu kanker serviks?

Halo, teman cantiks. Apa kabar kalian? Semoga dimanapun kalian berada, Tuhan selalu melimpahkan kesehatan dan kebahagiaan. Aamiin

Jika kemarin sudah sedikit membahas tentang kanker payudara, kali ini aku ingin menuliskan tentang kanker serviks yang bersumber dari sebuah buku yaitu 100 Tanya-jawab Mengenai Kanker Seviks. Mari mulai dari hal yang mendasar terlebih dahulu. Apa itu kanker serviks?

Apa itu kanker serviks?

Serviks atau leher rahim adalah bagian dari rahim yang menonjol ke dalam lengkungan vagina.

Fungsi leher rahim pada perempuan yang belum menopause adalah memungkinkan darah keluar dari rahim kemudian melalui vagina, dan dikeluarkan (menstruasi). Sementara bagi wanita yang bersenggama, leher rahim sebagai jalan masuknya sperma ke indung telur agar terjadi pembuahan.

Leher rahim juga memproduksi lendir yang berguna untuk mencegah infeksi agar tidak menjalar ke bagian reproduksi wanita bagian atas ( Rahim, fallopi, dan indung telur) dan ke dalam ruang pinggul.

Kanker serviks itu terjadi ketika sebuah sel mulai tumbuh tanpa terkendali. Ketika kita masih dalam kandungan ibu, kemudian menjadi bayi, anak-anak, dan dewasa, sel-sel kita tumbuh dan membelah dengan cepat.

Bila sel mengalami perubahan dalam unit penyusunannya (DNA), sel ini dapat keluar dari siklus hidup yang diatur sangat ketat. Perubahan DNA ( Mutasi) dapat membuat sel-sel terus tumbuh dan membelah diri.

Hingga datang pada suatu ketika sel-sel ini tak lagi memberi respon terhadap sinyal yang dikirimkan oleh badan untuk menghentikan pembelaham diri. Sel pembelahan diri yang yang tidak terkendali ini menghasilkan masa sel dari satu jenis yang disebut tumor.

Dan bila sel tumor ini telah terlepas dari tempat asalnya, sel ini dapat terbawa oleh aliran darah dan sampai di tempat lain (misalnya; paru-paru) dan mulai tumbuh disana hal ini disebut dengan mestastatik.

Buku 100 Tanya-jawab Mengenai Kanker Serviks.

Kanker serviks

Judul buku : 100 Tanya-Jawab Mengenai Kanker Serviks.
Penulis         : Don S. Dizon, MD. Michael L. Krychman, MD. Paul A. DiSilvestro, MD.
Penerbit        : Indeks
Cetak digital : 2018
e-ISBN           : 978-979-062-577-8

Kenapa buku ini sangat aku rekomendasikan? Alasannya simpel dan sederhana. Karena kita adalah perempuan!

Buku ini akan sangat bermanfaat bagi wanita di sejagat raya. Tidak hanya akan menambah pengetahuan tapi kita juga bisa berbagi kepada wanita lain melalui buku-buku yang telah dibaca.

Kita bisa menuliskan reviewnya, mengutipnya, baik itu di media sosial maupun blog pribadi. Hayo, lebih bermanfaat mana? Share pengetahuan yang akan berguna bagi sesama perempuan atau ghibah online yang justru nambah-nambahin dosa? (*)

Post a comment

0 Comments