Tiga Hal Yang Harus Dimiliki Seorang Blogger.

3 hal yang harus dimiliki blogger

Berawal dari sebuah postingan yang lewat di beranda Facebook , akhirnya aku tergelitik untuk menuliskan hal ini.

Isi postingan tersebut berisikan tentang keberatan si penulis yang tulisannya ditaruh di blog oleh seorang blogger (Sudah dicantumkan nama penulisnya).

Baca juga : Bijak Berkomentar Di Media Sosial.

Aku gak ingin membahas detailnya seperti apa, karena menurutku hal semacam ini bisa diselesaikan secara baik-baik tanpa harus menyeret banyak orang yang mengakibatkan bikin dosa berjamaah.

Akan tetapi, sebagai sesama seorang blogger ada hal yang sangat aku sayangkan di sini. Yaitu, kenapa si pemiliki blog tidak menuliskan isi kontennya sendiri? Kalau memang niche-nya adalah cerpen, dongeng, dan novel, bukankah lebih baik tulisan itu hasil karya sendiri?

Berikut tiga tips bagi teman cantiks yang ingin memulai nulis di blog agar terhindar dari julukan pragiator atau tukang copy paste :

  • Inovatif : Berkreasilah dengan blog yang dimiliki. Buatlah konten-konten yang menurut kita baru dan sesuai dengan style kita. Selain konten, kita juga menjadikan tampilan blog semenarik mungkin agar visitor betah berlama-lama. Lalu, dari mana agar kita bisa membuat konten yang baru, fresh, dan memiliki ciri khas? Ide itu bisa datang dari mana saja. Tempat sekitar kita tinggal baik itu rumah maupun tempat kerja, media sosial, dan juga isu-isu terkini. Tulislah sesuai gaya kita karena di situlah letak menariknya blog pribadi. Dan setiap blogger memiliki ciri khasnya masing-masing.
  • Kemudian yang kedua adalah kreatif. Buatlah konten sekreatif mungkin. Bisa ditambahi infografis, gambar, atau ilustrasi yang sesuai dengan karakteristik blog.
  • Selanjutnya adalah beretika. Sebenarnya etika ini tak hanya harus dimiliki blogger. Tapi, semua manusia pun harus memilikinya. Karena etika inilah yang membedakan kita dengan binatang. Umumnya, sebagai seorang blogger, kita harus mencantumkan sumber gambar atau kutipan yang kita cantumkan di konten. 
Selain tiga hal di atas yang harus dimiliki seorang blogger, alangkah baiknya jika kita mengetahui apa dan bagaimana sih plagiat itu? Lebih detailnya bisa dibaca di sini. 

Mudah-mudahan tulisan ini bermanfaat, terima kasih sudah mampir, dan sampai ketemu lagi. (*)

Post a comment

3 Comments

  1. Akarnya plagiat nih dari ngerjain tugas sekolah aja udah biasa copy paste dari hasil googling.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada benernya juga sih bun. Terutama anak2 kuliahan yang untuk membuat skripsi aja copy paste.

      Delete
  2. Aku setuju dengan poin pertama, alangkah baiknya seorang blogger menulis sendiri isi kontennya.

    ReplyDelete
Emoji
(y)
:)
:(
hihi
:-)
:D
=D
:-d
;(
;-(
@-)
:P
:o
:>)
(o)
:p
(p)
:-s
(m)
8-)
:-t
:-b
b-(
:-#
=p~
x-)
(k)