Sisi Gelap Dunia Kecantikan.

Kecantikan

Bagi perempuan, makeup adalah penunjang kepercayaan diri. Makeup sudah seperti makanan yang harus dikonsumsi setiap hari.

Tapi, ada banyak hal yang tak diketahui oleh publik. Darimana dan bagaimana cara memperoleh bahan-bahan pembuatan kosmetik yang kita gunakan sehari-hari.

Sebut saja eyeshadow yang simmery, lipstick yang berkilauan, highliter, bahkan foundation. Apakah kita para konsumen pernah berpikir bahwa ada tangan-tangan kecil yang mempertaruhkan nyawa mereka untuk memperoleh Mika yang produk-produknya sering kita pakai dalam keseharian?

Apa itu Mika?

Mika adalah sejenis mineral bumi yang biasa dipergunakan untuk industri mesin, listrik, dan juga kecantikan. Bentuknya jika dalam skala kecil terlihat berkilauan. Jika teman cantiks melihat glitter-glitter pada eyeshadow, atau highliter, itulah hasil dari Mika.

Sisi gelap makeup

Sisi gelap dunia kecantikan.

Di India, banyak anak yang bekerja di pertambangan Mika secara ilegal. Tentu saja pekerjaan itu adalah pekerjaan yang tak mereka inginkan. Tapi, mau bagaimana lagi jika mereka tak punya pilihan. Tidak bekerja artinya tidak makan.

Mika

Mereka masuk ke lubang bawah tanah. Kemudian menggali, mencari mika, kemudian membawanya keluar dari lubang.

Tentu anak-anak itu merasa takut. Karena pekerjaan seperti ini memiliki risiko tinggi bahkan untuk orang dewasa sekalipun.

Kita tidak pernah tahu kapan terjadi longsor dan apakah saat itu terjadi akan ada orang-orang dewasa yang menolong atau tidak?!

Eksploitasi anak

India
All credit : Revinery29

Dari tangan-tangan merekalah wajah kita terlihat sempurna saat berhias. Eyeshadow yang glowing dan pigmented, serta highliter yang terlihat bagus ketika di difoto. Dan dari kitalah para pengusaha kosmetik memperoleh keuntungan. Sedangkan, anak-anak di India ( Negara dengan deposit Mika terbesar di dunia) apa yang mereka dapat? (*)

Post a comment

0 Comments