Bagaimana Cara Menentukan Niche Blog?

Cara membuat blog bagi pemula
Image: Visme.co

Bagaimana cara menentukan niche blog? Kayaknya, pertanyaan ini masih banyak menghantui para narablog atau blogger pemula, ya. Bingung menentukan apa tema yang tepat dan memang sesuai passion blogger itu sendiri.

Well, kalau kamu sedang menghadapi problematika mengenai niche blog dan kebetulan kamu menemukan artikel ini, itu tandanya permasalahnmu terpecahkan!

Beberapa kali aku mendapat pertanyaan baik dari DM di Instagram atau melalui email yang menanyakan, "Kak, gimana caranya jadi blogger? Gimana cara menentukan tema bagi blog kita?" Dan pertanyaan sejenis yang menjadi masalah tersendiri bagi yang baru saja mau memasuki dunia blogging.

Tips: 

1. Menulis Sesuai Passion.

Tulis apa yang ingin kita tulis dan kita memang ada passion di sana. Jika suka masak, silakan nulis resep. Jika suka meresensi buku, silakan nulis resensi. Jika suka curhat atau bahkan nulis fiksi, tulis saja!

Jangan pernah terpaku dengan niche karena hal ini akan datang dengan sendirinya begitu kita sudah mulai membiasakan diri menulis di blog.

2. Kembangkan Ide. 

Tips yang kedua adalah kembangkan ide yang kita miliki. Jika di awal kita sudah nulis soal resep, maka kita bisa melebarkan sayap (cieeh bahasanya) ke hal-hal lain yang tentunya berhubungan dengan makanan.

Misalnya; Kuliner yang ada di daerahmu, menu diet, info mengenai kandungan apa saja yang terkandung dalam bahan makanan, khasiat sayuran atau buah-buahan yang kita konsumsi sehari-hari, dan lain sebagainya.

3. Teruslah Menulis.

Ini tips terakhir sekaligus pamungkas. Teruslah menulis! Dengan seperti itu, kita akan tahu tema tulisan apa yang sesuai dengan karakter dan diri kita. Semakin lama menulis, kita akan semakin percaya diri karena tulisan kita makin bagus dan berkarakter. So, sudah nulis atau belum hari ini?

Note : Feel free chat di DM atau email, ya. Jika aku bisa menjawab pertanyaan kalian, aku pasti share ke kalian. Thanks for reading ... see you next time.


4 Comments

  1. Setuju, Kak.
    Terima kasih atas sharingnya yaa

    ReplyDelete
  2. Saya menentukan niche dengan memilih tema yang saya sukai dulu. Lalu saya cek apakah tema itu betulan sesuai passion saya, bisakah saya terus menulis dengan enjoy tema itu untuk 10 tahun ke depan?

    Kedua apakah untuk tema itu saya punya skill? Kalau saya mau ngeblog tentang kucing, apakah saya sudah berpengalaman miara kucing?

    Ketiga, tema itu apakah potensinya bagus? Potenti trafik organik, orang juga suka dengan tema itu, monetasinya, dll.

    Kalau minat/passion, skill, potensi ngumpul di satu tema biasanya saya pilih tema itu.

    ReplyDelete
  3. Nice to meet you kak...
    read your blog n novel are such a gift for me

    ReplyDelete
  4. This is an awesome article, Given such an extraordinary measure of data in it, These sort of articles keeps the customers excitement for the site, and keep sharing more ... favorable circumstances. BUY REAL AND FAKE BANK NOTES ONLINE ,I will also take the advantage to ask for your permission to join our TELEGRAM GROUP

    ReplyDelete