4 Aplikasi Android Yang Dibutuhkan Blogger Pemula.

Tips blogger pemula

Menjadi seorang blogger memang sangat mudah. Tinggal bikin akun blog gratisan yang tersedia baik itu di Blogspot ataupun Wordpress, nulis artikel-artikel ringan, cerita, atau bahkan curhatan di blog, maka sudah bisa disebut dengan narablog atau blogger.

Tapi, jika ingin bertahan di dunia blog yang ketat ini alias banyak sekali saingan hingga ingin mendulang rupiah atau dolar, tentu diperlukan kiat-kiat agar kita bisa mencapainya. Nah, berikut adalah tips dari aku bagi blogger pemula (sama-sama pemula) yang harus dipertimbangkan untuk dimiliki terkhususnya yang ngeblognya hanya pakai smartphone (sama sepertiku).

1. Photo Reziser

Pertama-pertama ngeblog, aku belum tahu apa itu photo reziser. Search-search di google soal tips apa saja yang dibutuhkan blogger pemula rata-rata sudah aku lakuin. Hingga akhirnya aku buka-buka youtube dan akhirnya nemu konten yang bermanfaat bagi blogger pemula sepertiku. Yaitu tentang SEO.

Setelah nonton beberapa menit, muncullah kata-kata pentingnya photo reziser bagi blogger pemula. Hal ini menjadi penting karena semakin besar ukuran sebuah gambar, sangat mempengaruhi loading page. Yaitu bikin loadingnya lama daaaan kalau kelamaan loading, bikin malas pembaca yang akhirnya memilih menutup blog kita.

Photo resizer



Baca juga : Manfaat Menjadi Seorang Blogger


2. Instagram

Aplikasi android yang dibutuhkan blogger pemula berikutnya adalah Instagram. Kenapa Insagram? Menurutku, sosial media satu ini berhasil banget meningkatkan trafik blog kita. Tiap selesai menulis sebuah artikel di blog, langsung saja share ke sosial media yang kita punya termasuk Instagram. Menurut aku pribadi, selain untuk menaikkan trafic, Instagram juga bisa memberikan banyak inspirasi untuk menulis.


Instagram


3. Notepad

Yang ketiga ini menurutku penting banget. Selain untuk menyimpan catatan penting, juga agar mempermudah kita dalam melihat jadwal yang sudah dituliskan.

Baca juga : 6 Hal yang dibutuhkan blogger pemula


4. I pusnas

Nah,ini nih yang ke empat. Aplikasi android yang dibutuhkan bukan hanya untuk blogger pemula atau blogger profesional, tapi juga dibutuhkan semua umat manusia! I pusnas atau aplikasi baca buku online. Buanyak banget buku-buku dari ratusan penulis dan juga kategori. Dan dari sini jugalah aku belajar dasar-dasar ngeblog seperti ; Apa itu SEO, bagaimana cara memasang html dan lain-lain.

Baca buku tak hanya untuk belajar. Namun bisa menjadi inspirasi dalam menulis dan juga menjadi rujukan jika ingin menuliskan artikel yang harus mencantumkan sumber/bidang akademis yang tidak pernah kita pelajari. Hidup I pusnas (bacanya sambil teriak). Terima kasih perpustakaan nasional karena telah menyajikan aplikasi yang sangat bermanfaat terutama untuk anak rantau sepertiku.


Ipusnas


Thank you, Cantiks sudah membaca. Tips ini tentu sudah banyak bertebaran di luar sana. Ya, meskipun begitu aku harap ini bisa membantu bagi blogger pemula sepertiku. Kakak-kakak blogger pro, boleh banget ngasih ilmu baru di kolom komentar. Ngarep dot kom. See you on my next blog ... have a good day🌹🌹

4 Comments

  1. Kayakya saya baru pernah masuk ke dunia wanita ini walaupun saya seorang lelaki hehehe..
    Pada prinsipnya saya setuju dgn poin2 yg tertulis diatas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Laki2 itu harus masuk ke dunia perempuan agar tau gimana perempuan🤣

      Delete
  2. Pengomentar lelaki nomor dua dataaang .. hahaha 😅 ..
    Ngga apa-apa ya lelaki ikut berkomentar di dunia wanita 😉

    Point-point diatas betul semua, wajin dipunyai blogger.
    Kecuali ..., Ipusnad.
    Karena apa ?, karena saya baru tau infonya disini wwwkkk 😅

    Baiqlah, aku meluncur keIpusnas sekarang juga .. 😁

    ReplyDelete
    Replies
    1. 🤣laki2 itu ada di dunianya wanita. I pusnas berguna banget bagi kaum2 yg ingin baca buku gratisan🤣daripada download pdf.

      Delete