Pasca Banjir, Lakukan Ini Agar Keluarga Tetap Sehat.

Lakukan ini agar keluarga sehat pasca banjir
Image : Visme


-Pasca Banjir, Lakukan Ini Agar Keluarga Tetap Sehat- Banjir lagi banjir lagi, gara-gara si Komo lewat! (Weleh ... weleh ... weleh ...) banjir kali ini bukan salahnya Komo ya teman, cantik. Tapi, karena salahnya mereka, nih ... ini dia orang-orang penyebab banjir di Jakarta.

Banjir yang menyambut Indonesia bersamaan dengan perayaan pergantian tahun baru, tidak hanya merendam rumah-rumah, properti, serta kendaraan (Banyak yang hanyut karena derasnya air/banjir bandang), tetapi juga menelan banyak korban (luka) serta menyebabkan beberapa nyawa melayang. Tapi eh tapi, ada hal yang tidak kalah penting yang harus dilakukan ibu-ibu pasca banjir yang mendera. Yaitu, bersih-bersih rumah!

1. Buang perabotan atau furniture yang tidak bisa dipakai lagi. Terutama sofa, kasur, atau yang berbahan busa lainnya. Meskipun bisa dikeringkan, tentu akan memakan waktu karena sudah terkontaminasi lumpur dan kotoran ketika banjir serta menyimpan banyak bakteri. Jika masih ada yang bisa dipakai, bersihkanlah di luar rumah. Lap atau cuci menggunakan air, lalu bilas dengan kain yang telah dicelupkan ke dalam air detol.

2. Untuk pakaian, cucilah terlebih dahulu dengan air mengalir. Cuci satu persatu jika terdapat lumpur. Setelah itu, baru rendam. Gunakan sabun cuci anti bakterial. Ulangi hingga dua kali untuk memastikan pakaian benar-benar bersih terutama pakaian untuk anak/bayi.

3. Periksa kulkas dan lihat apakah bahan makanan yang ada di dalamnya masih layak konsumsi atau tidak. Jika tidak bisa dimakan, silakan buang.

4. Perabotan, pakaian, makanan, semua sudah. Saatnya membersihkan tembok dan lantai. Bersihkan menggunakan air terlebih dahulu. Ulangi minimal dua kali. Setelah itu, gunakan karbol atau detol untuk membilas. Pastikan perabotan kita kering baru masukkan ke dalam rumah. Jangan menyimpan perabotan lembab atau basah di dalam rumah.

5. Berikanlah keluarga kita makanan yang sehat serta vitamin untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Jika sakit, segeralah pergi ke dokter untuk memeriksakan diri.

Peringatan sebelum pembersihan :

  • -Pastikan aliran listrik di rumah kita padam. Tak ada kabel yang terbuka atau kendor.
  • -Pastikan selang gas aman dan tidak bocor.
  • -Periksa sekitar rumah apakah ada hewan atau reptil berbahaya.
  • -Tujuan mengeluarkan barang-barang ketika membersihkan rumah adalah untuk memastikan tidak ada telur hewan yang tersembunyi di dalam rumah. Mengingat belakangan banyak ular kobra bermunculan hingga masuk ke rumah warga. (*)


Post a comment

0 Comments