Mengapa Berat Badan Naik Menjelang Menstruasi?

3 alasan berat badan naik menjelang menstruasi
Image : Visme

Sebulan sekali kita sebagai wanita (sebelum masa menopause) pasti dihadapkan dengan yang namanya menstruasi. Hal yang dialami ketika sedang PMS pun beragam. Ada yang perut keram, jerawatan, punggung sakit, badan nyeri, emosi tidak stabil dan berat badan meningkat.

Kenaikan berat badan menjelang menstruasi tidak terjadi begitu saja melainkan ada penyebabnya. Antara lain :

  • Meningkatnya hormon ghrelin yang bisa memicu nafsu makan. Dan karena nafsu makan meningkat, berat badan tubuh pun ikut meningkat. 
  • Naiknya hormon estrogen yang mampu meningkatkan kadar air dalam tubuh. Hal ini ditandai dengan tubuh yang mengencang terutama pada bagian payudara.


Caraku menghadapi PMS : 

Ketika sedang PMS aku tidak hanya mengalami emosi yang naik turun seperti roller coaster, tetapi juga nyeri badan, pusing, jerawatan, hingga mual dan kadang-kadang ingin pingsan saat terlalu lelah. Saat ini aku sedang mengalaminya dan aku merasa tersiksa. Meskipun begitu rasanya ada yang kurang jika tidak update di blog.

Sedikit tips dariku untuk mengurangi rasa yang gak karuan diatas, dari pagi aku melakukan yang namanya yoga, tiduran, banyak makan karena aku cepat sekali merasa lapar dan minum air hangat yang diberi cinamon powder untuk menghilangkan rasa mual dan aromanya juga bisa membuat tubuh lebih rileks.

Kenapa berat badan naik saat menstruasi

Terima kasih telah berkunjung dan selamat menyambut akhir pekan teman cantiks and stay healthy. See you soon. (*)

Post a comment

0 Comments