3 Hal Yang Harus Dilakukan Sebelum Memulai Ngeblog.

3 hal yang harus dilakukan sebelum ngeblog
Image : Visme

Hai teman cantiks ... bagaimana kabar kalian hari ini? Semoga always happy, healthy, and beauty.

Kali ini aku bakalan ngebagiin sedikit tips 3 Hal yang Harus Dilakukan Sebelum Memulai Ngeblog. Berikut tipsnya :

1. Tentukan tujuan.

Menurutku pribadi, tujuan adalah hal yang paling mendasar sebelum kita melakukan sebuah kegiatan. Entah itu sekolah, bekerja, ngeblog, dan masih banyak hal lain, semuanya membutuhkan tujuan. Karena tanpa tujuan yang jelas kita akan mudah kehilangan arah, bingung, dan tidak tahu harus melakukan apa kedepannya.

Baca juga : 4 Aplikasi Android Yang Dibutuhkan Blogger Pemula.

Tetapkan tujuan kita ngeblog itu apa? Apakah hanya ikut-ikutan biar sama dengan yang lain? Hanya ingin sekadar berbagi cerita, misalnya. Atau ingin menghasilkan rupiah bahkan dolar dari kegiatan ngeblog?

Well, cari tujuan dulu! Jika belum memiliki tujuan, jangan mulai ngeblog. Karena apa? Karena akan stuck di tempat dan tidak akan pernah timbul keinginan untuk belajar.

2. Banyak Membaca.

Tips yang kedua adalah banyak membaca. Ok. Aku tahu ini klise dan klasik tapi memang begitu kenyataannya.

Tanpa membaca, persentase untuk bisa menulis itu sangat kecil. Di awal-awal mungkin kita bisa menulis banyak artikel. Namun pada akhirnya kita akan kehabisan ide. Dan tanpa membaca, kita tidak akan menemukan ide-ide baru.

Selain itu, membaca tidak hanya berfungsi sebagai bank ide. Tetapi juga untuk melanjutkan tujuan kita ke depan. Misalkan; Tujuan kita ngeblog adalah berbagi cerita. Yang namanya berbagi cerita, tentu dengan khalayak ramai (banyak orang yang membaca cerita kita/berkunjung ke blog kita). Dan gak lucu dong judulnya kita ingin berbagi kok gak ada pengunjung? Gak ada traffic?

Baca Juga : 6 Hal Yang Dibutuhkan Blogger Pemula.

Nah, melalui kegiatan membaca inilah kita akan tahu apa sih yang harus dilakukan kedepan agar blog kita memiliki banyak pengunjung?!

3. Mulailah Menulis.

Sudahlah. Gak usah dipikir-pikir lagi. Gak usah nyari-nyari tips blog lagi. Semua hal itu gak akan berguna kalau kita gak mulai nulis. Ya, kan?! Ambil perangkat seluler kamu sekarang dan mulailah menulis. Tulis apa aja yang ada di kepala. Gak usah takut jelek. Gak usah takut gak ada yang banyak. Karena tidak ada suatu keberhasilan tanpa sebuah proses.

Anggaplah ngeblog adalah kegiatan memasak. Awalnya kita harus memikirkan mau masak apa, habis itu belanja dulu, motong bahan-bahan kemudian mencucinya, memasak, panas-panasan di depan kompor, kecipratan minyak, dan lain-lain hingga akhirnya tersajilah sebuah hidangan setelah melalui proses panjang.

Oh, ya. Ada tips tambahan. Menulislah dengan hati gembira. Terima kasih sudah membaca. Semoga betmanfaat. Sampai ketemu lagi. (*)


0 Comments