4 Cara Mudah Menulis Novel

 

Cara menulis novel dengan mudah
4 Cara Menulis Mudah Menulis Novel- Banyak calon penulis yang merasa kebingungan saat ingin menulis sebuah novel. Bingung hendak dari mana ingin memulainya. 

Berikut tips mudah untuk menulis novel bagi Teman Cantik yang ingin menjadi seorang novelis. 

1. Tentukan Genre Novel
Pikirkan terlebih dahulu genre apa yang ingin ditulis. Apakan teenlit, horor, misteri, novel anak, romansa, k-novel, atau yang lainnya. Tulislah genre yang paling disukai, dengan begitu maka kita akan lebih mudah dalam memulai.

2. Tentukan Tema
Menentukan tema yang dimaksud adalah tema apa yang hendak ditulis di novel tersebut. Misalnya, novel yang ingin ditulis bergenre horor dengan tema anak kuliahan. Maka, penulis akan fokus dengan bacground mengenai dunia perkuliahan yang meliputi kampus, dosen, dan para mahasiswanya. Atau jika genre yang dipilih adalah romance. Tentukan tema yang ingin dipilih. Apakah tentang dunia perkantoran, rumah sakit dengan tokohnya para dokter, atau yang lainnya. Dengan mengelompokkan seperti ini, akan menjadi lebih mudah bagi Teman Cantik yang ingin memulai menjadi penulis.

3. Buatlah Plot/Kerangka Novel
Banyak penulis yang tidak menggunakan plot/kerangka novel terlebih dahulu. Alhasil, si penulis tak jarang lupa nama tokoh, tempat, dan bahkan ceritanya. Itu sebabnya plot/kerangka/outline, memiliki peran yang sangat penting bagi penulis.
Buatlah kerangka novel menggunakan aplikasi plotting novel. Selain mudah digunakan karena menggunakan ponsel, juga tidak perlu ribet seperti kalau menulis di buku. Teman Cantik bisa menggunakan Morfeus Plot untuk membuat kerangka novel. Selain penampilannya yang eye catching, Morfeus Plot juga mudah digunakan secara gratis.

4. Berlatih untuk Konsisten
Konsistensi dibutuhkan oleh semua bidang pekerjaan termasuk juga bagi seorang penulis. Tanpa konsisten, mustahil tulisanmu akan tamat dan sampai di tangan pembaca. (*)

0 Comments